Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nonton Fashion Show Sambil Belanja, Cara Baru Menikmati Tren Mode

KOMPAS.com – Pandemi membuat hampir semua kegiatan dilakukan secara virtual, tak terkecuali peragaan busana.

Sejumlah peragaan busana global dikemas melalui konten digital sejak awal tahun ini, termasuk pekan mode yang selama ini menjadi kiblat bagi fesyen dunia seperti London Fashion Week atau Milan Fashion Week.

Di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 juga sepenuhnya ditampilkan secara digital pada 26-29 November 2020. Pagelaran ini akan diikuti sekitar 60 label dan desainer. Mereka tetap antusiap dan siap memamerkan karya di tengah adaptasi akan situasi baru selama pandemi.

Walau semua hanya disaksikan lewat layar gawai, tetapi sejumlah kemajuan teknologi membuat batasan antara online dan offline melebur.

Di e-commerce Lazada misalnya, lewat sejumlah fitur, pecinta mode tidak hanya sekadar menonton peragaan busana, tetapi juga bisa langsung membeli koleksi yang ditampilkan tersebut.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Monika Rudijono, mengatakan, fitur See Now Buy Now, memungkinkan konsumen membeli koleksi sambil tetap menyaksikan show.

“Teknologi tersebut sudah dipakai di acara Jakarta Fashion Week tahun lalu, di mana dua show yang kami tampilkan secara live streaming di aplikasi Lazada, ditonton lebih dari 35.000 orang,” kata Monika dalam talkshow The Show of Hearts yang dilakukan virtual (24/11/2020).

Melanjutkan kesuksesan tersebut, tahun ini akan ada 9 show Jakarta Fashion Week 2021 yang bisa disaksikan secara live di Lazada.

“Kami dipercaya untuk menampilkan lebih banyak show, termasuk show puncak yang ditunggu pecinta fesyen, yaitu Dewi Fashion Knight pada malam penutupan, yang biasanya eksklusif tapi tahun ini bisa dilihat di Lazada,” kata Monika.

Fitur See Now Buy Now, lanjutnya, membuat pecinta mode seolah-olah berada di baris depan panggung peragaan busana, tetapi juga bisa memilih untuk membeli koleksi yang disukainya tanpa mengganggu jalannya live streaming.

“Ini untuk menghapus gap antara online dan offline. Semua bisa menonton, berkomentar, berbelanja, terkadang suka ada voucher-voucher belanja yang muncul,” katanya.

Dalam rangakaian JWF, Lazada juga menampilkan peragaan busana bertajuk The Show of Hearts yang menampilkan koleksi busana siap pakai dari lima desainer muda, yaitu 3Mongkis, Super Sentimental Secret Theory (SSST), HAM! Jeansku, Nadjani, dan Warning Clothing, pada 27 dan 28 November 2020.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/25/161741120/nonton-fashion-show-sambil-belanja-cara-baru-menikmati-tren-mode

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke