Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Kontrol Gula Darah Pasien Diabetes Cegah Keparahan Covid-19

KOMPAS.com – Diabetes melitus merupakan penyakit penyerta atau komorbid pasien Covid-19 yang berbahaya. Apalagi jika usia pasien sudah lanjut, risiko kematiannya akan meningkat.

Penyandang diabetes diminta untuk lebih waspada dan disiplin menjaga kadar gula darah selama pandemi agar kondisinya sehat dan mencegah komplikasi.

Hal itu berarti pasien harus rutin mengonsumsi obat, melakukan pola makan sehat, serta mengontrol kadar gula darahnya.

Kendati demikian, mayoritas masyarakat masih takut untuk mengunjungi rumah sakit selama pandemi. Dalam survei MarkPlus Industry Roundtable edisi ke-20 disebutkan, 71,8 persen responden tidak pernah mengunjungi rumah sakit atau klinik sejak adanya Covid-19.

Karena tidak pernah kontrol ke dokter, banyak pasien yang gula darahnya tinggi. Pasien pun makin rentan selama pandemi.

“Sebenarnya pemerintah sudah memberikan kelonggaran bagi penyadang penyakit tertentu untuk datang ke fasilitas kesehatan. Pasien yang berisiko bisa diwakili keluarga, asalkan bukan pasien baru. Pemerintah juga memberikan pengobatan untuk dua bulan sehingga kunjungan menjadi lebih jarang,” kata Prof.Dr.dr.Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD, Ketua Umum Perkumpulan Endrokrinologi Indonesia.

Anggota Komisi IX DPR, Dr Netty Prasetiyani, M.Si, mengatakan pemerintah perlu melakukan inovasi pelayanan publik untuk pasien diabetes di Puskesmas dengan cara memperkuat berbagai pelayanan dasar.

“Pelayanan minimal yang harus adalah adalah deteksi dini diabetes, cek gula darah, dan memastikan ketersediaan obat-obatan antidiabetes, termasuk insulin,” kata Netty.

Selain itu melakukan langkah mitigasi, yakni bagaimana mencegah agar pasien dengan komorbid yang berisiko mengalami gejala sedang hingga berat saat terinfeksi COVID-19, bisa diminimalisasi.

“Edukasi juga harus terus dikedepankan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif. SDM di Puskesmas bisa menggandeng komunitas-komunitas di masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pengelolaan diabetes selama pandemi. Komunitas ini biasanya lebih didengar oleh masyarakat,” ujar Netty.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/26/124545720/rutin-kontrol-gula-darah-pasien-diabetes-cegah-keparahan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke