Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alergi Ibu Diturunkan pada Bayinya Selama Kehamilan

KOMPAS.com-- Alergi merupakan penyakit yang sering dianggap sepele, namun sebenarnya bisa berakibat fatal. Penyakit ini sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lewat penelitian terbaru, kini alergi anak bisa diprediksi sejak dalam kandungan.

Baru-baru ini ditemukan bahwa para ibu dapat "menularkan" alergi mereka kepada bayinya bahkan sebelum kelahiran.

Kesimpulan itu ditemukan dalam studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Science dan dilakukan oleh tim ilmuwan dari Singapura.

Untuk menguji teori ini, para ilmuwan menggunakan model hewan yakni, tikus yang baru lahir dan induknya. Dengan ini, para peneliti menemukan bahwa imunoglobulin E (IgE) dari induk, antibodi kunci yang memicu reaksi alergi di dalam tubuh, ternyata dapat melewati plasenta dan memasuki janin.

Hal ini menyebabkan antibodi mengikat dirinya pada sel kekebalan janin yang bertanggung jawab untuk melepaskan bahan kimia, yang dapat memicu reaksi alergi seperti hidung selalu berair setiap pagi dan asma.

Ketika bayi tikus lahir, mereka ditemukan mengembangkan reaksi alergi yang sama terhadap alergen yang juga dialami induk tikus.

Ditemukan juga bahwa saat dipicu oleh alergen ini, tikus yang baru lahir segera menunjukkan alerginya pada paparan pertama, tidak seperti tikus dewasa yang bereaksi hanya setelah dua kali paparan.

Peneliti juga mencatat bahwa perpindahan alergi memudar seiring berjalannya waktu. Karena reaksi alergi yang dialami bayi tikus hanya berlangsung selama empat minggu dan akan menghilang secara keseluruhan pada enam minggu.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa IgE ibu yang masuk ke dalam plasenta juga bisa terjadi pada bayi manusia.

Temuan dapat membantu dalam menemukan pencegahan transfer alergi

Peneliti optimis ini bisa menjadi langkah besar pertama dalam menemukan strategi intervensi baru untuk mencegah lebih banyak perpindahan alergi antara ibu dan bayinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/30/140857120/alergi-ibu-diturunkan-pada-bayinya-selama-kehamilan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke