Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejak Jadi Ibu Katy Perry Akui Sulit Tidur, Begini Cara Menghadapinya

KOMPAS.com - Penyanyi Katy Perry akui sulit mendapatkan waktu untuk tidur tanpa gangguan sejak menjadi ibu dari putrinya, Daisy Dove.

Hal ini diungkapkan Katy dalam acara virtual "Meditate America" David Lynch Foundation. 

"Saya seorang ibu baru. Putri saya adalah anugerah, tetapi terkadang ada tantangan tentang tidur tidak peduli seberapa besar dukungan yang kamu miliki," akunya.

"Tapi di mana saya akan mendapatkan tidur enam jam yang biasa saya dapatkan? Ke mana perginya (jam tidur itu)?” imbuh Katy.

Penyanyi berusia 36 tahun itu kemudian mencoba menjalani meditasi transendental (TM), yang akhirnya mampu membantunya menemukan waktu untuk istirahat di siang hari.

"Ada begitu banyak cara meditasi membantuku," katanya, sambil menambahkan bahwa meditasi yang ia jalani mampu memberi waktu istirahat yang ‘dalam’ yang selama ini ia idamkan.

Lalu sebagai ibu baru seperti Katy, bagaimana kita bisa mengakali agar bisa istirahat dengan cukup?

Menurut laman Parents.com, ibu memerlukan waktu tidur yang cukup. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Carolina Utara, orang yang tidur kurang dari lima jam per hari memiliki kemungkinan empat hingga lima kali lebih besar untuk terlibat dalam kecelakaan terkait kurangnya waktu titidur.

Belum lagi konsentrasi yang menurun karena kurangnya waktu tidur yang akan mempengaruhi bagaimana seorang ibu akan merawat bayi dan menjalani kesehariannya.

Untuk itu, selain mencoba memenuhi waktu tidur, cobalah delapan cara berikut ini.

1. Berbaring, bahkan jika kamu tidak bisa tidur.

“Luruskan kaki, bersantailah di sofa, dan jangan memegang ponsel,” kata Diana Lynn Barnes, seorang terapis Los Angeles dan presiden Postpartum Health International.

Jangan stres jika kamu tidak bisa tidur. "Hanya berbaring selama setengah jam bisa sangat memulihkan kondisi," tambahnya.

2. Mintalah bantuan untuk menyusui di malam hari

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah meminta suami atau keluarga di rumah untuk membantumu di malam hari.

Untuk ibu yang menyusui, kamu bisa memompa ASI di siang hari dan menyimpannya untuk diberikan di malam hari.

Jika bayi diberi susu formula, ini lebih mudah lagi untuk menyerahkan tugas membuatkan susu pada suami atau anggota keluarga lainnya.

Ide lain untuk ibu menyusui adalah mendapatkan keranjang bayi yang dipasang di tempat tidur atau diletakkan di sebelahnya. Atau, kamu bisa tidur bersama si kecil untuk sementara.

Hal ini akan memudahkanmu untuk merawat si kecil tanpa harus bangkit dari kasur dan kamu akan mendapatkan waktu istirahat sedikit lebih banyak.

4. Jauhi hal yang membuatmu sulit tidur

Setelah seharian menjaga si kecil, ibu mungkin ingin sekedar menonton drama favorit di televisi atau ponsel, namun hal ini justru membuatmu semakin sulit tidur.

"Cahaya dari komputer atau televisi bisa sangat menstimulasi dan membuatmu tetap terjaga," kata Amy Wolfson, PhD, penulis The Women's Book of Sleep.

Sebagai gantinya, untuk menghibur diri, kamu bisa menyalakan radio yang sekaligus akan memberikanmu informasi penting lainnya.

5. Pilih-pilih tamu

Adanya bayi baru membuat banyak orang ingin datang berkunjung. Entah untuk memberikan selamat, atau penasaran dengan wajah si kecil. Ini akan membuang waktu istirahatmu.

Dalam sebuah studi tahun 2003, Wolfson menemukan perubahan pola tidur pada ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Ia menemukan bahwa ibu yang memiliki banyak teman, justru kurang tidur.

"Saat teman dan keluarga mampir untuk mengunjungi bayi yang baru lahir, ibu mungkin merasa berkewajiban untuk menghibur, menyiapkan makanan, dan membuat orang bahagia," kata Wolfson.

Untuk itu, kamu harus memilih siapa saja tamu yang kamu inginkan datang berkunjung.

Terlebih di masa pandemi ini, kamu harus berhati-hati memilih tamu yang datang berkunjung.

6. Jangan mengandalkan kopi

Meskipun meminum secangkir kopi dapat memberimu sedikit semangat, namun Wolfson mengatakan bahwa, konsumsi kopi berlebihan justru akan membuatmu semakin terjaga.

Terlebih, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar ibu menyusui mencoba membatasi konsumsi kafein mereka menjadi satu cangkir sehari.

7. Dampak negatif kurang tidur

Selain menurunkan konsentrasi, kurang tidur juga akan membuat kondisi emosionalmu menjadi tidak stabil.

Hal ini akan memicu pertengkaran dengan pasangan, atau rasa kesal yang disebabkan hal-hal kecil.

Untuk itu, tidurlah dengan cukup agar masalah-masalah ini tidak muncul dan membesar.

8. Ketahui ini hanya sementara

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi yang sehat akan terbiasa dengan rutinitas tidurnya pada usia 2 hingga 3 bulan.

Hampir semua bayi bisa tidur sepanjang malam pada usia 6 bulan, tetapi AAP mengakui bahwa mungkin ada perbedaan yang signifikan antara statistik ini dan apa yang terjadi pada keluarga tertentu.

Jadi, bertahanlah sebentar ibu, bayimu akan bertumbuh, dan waktu tidurmu akan kembali.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/08/204723420/sejak-jadi-ibu-katy-perry-akui-sulit-tidur-begini-cara-menghadapinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke