Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Inspirasi Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

Jika ruang di rumah terbatas, memilih tanaman hias gantung bisa menjadi pilihan.

Namun, sebelum memutuskan untuk memelihara tanaman hias gantung, ketahuilah bahwa setiap tanaman membutuhkan perawatan yang berbeda.

Sebagian besar tanaman mati karena terlalu banyak disiram (overwatering) atau kurang disiram (underwatering), atau kombinasi keduanya.

Jadi, periksalah terlebih dahulu kebutuhan masing-masing varietas tambahan sebelum menggantungnya untuk mempercantik rumah Anda.

Memajang tanaman hias gantung bisa dilakukan dengan menggantungnya di langit-langit atau dinding rumah menggunakan pengait.

Namun, karena berat pot dan tanah yang basah, pastikan pemasangannya kokoh.

Jika menggantung tidak menjadi pilihan, Anda juga bisa menikmati efek daun-daun menjuntai dengan menempatkan pot di atas rak buku, atas lemari dapur, atau permukaan lainnya yang tinggi dan mendekati langit-langit rumah.

Berikut beberapa jenis tanaman hias gantung yang dapat menjadi pilihan untuk mempercantik rumah Anda:

Spider plant lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung, tetapi terlalu banyak sinar matahari juga bisa menghanguskan daunnya.

Perbanyak plantlet tunggal dengan membuangnya dari batang dan merendamnya di dalam air. Saat akar memiliki panjang satu inci, pindahkan ke tanah dalam pot.

Menurut BBC Gardener's World, golden pothos dapat mentoleransi lingkungan yang teduh dan sangat ideal untuk pemula karena perawatannya cenderung mudah.

Siram tanaman hias ini ketika permukaan tanahnya mengering. Golden pothos juga bisa dibiarkan tumbuh akarnya di dalam air.

Tanaman hias ini bisa digantung atau dibiarkan tumbuh mengikuti kawat.

Siram ketika permukaan tanahnya sudah kering dan berikan sinar matahari yang cukup namun tidak langsung.

Anda bisa meletakannya di dalam keranjang lalu menggantungnya di langit-langit agar daun-daunnya yang cantik bisa menambah kesegaran dan estetika ruangan.

Tanaman hias ini memiliki dedaunan yang panjang dan tampak rumit. String of hearts memiliki variegata hijau dan perak dengan sedikit warna ungu.

Tanaman ini juga cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah. Siramlah ketika tanaman tumbuh 2 cm pertama ketika tanahnya sudah kering.

Tanaman ini sesekali juga disebut baby rubber plant. Menurut Better Homes and Gardens, ini adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah untuk ditanam.

Peperomia memiliki banyak varietas dan setiap varietas memiliki warna dan pola dedaunan berbeda, yang tentunya sangat sempurna untuk membantu mempercantik rumah.

Bunga-bunga cantik anggrek yang penuh warna akan menambah kesegaran pada ruangan.

Pastikan Anda menggantungnya di lokasi yang mendapat paparan sinar matahari, idealnya di sebelah jendela.

Tanaman dengan daun unik yang panjang dan lebar ini akan memberikan sentuhan tersendiri untuk ruangan Anda.

Pakis staghorn dapat dipasang di papan kayu atau dirangkai dengan metode kokedama, namun ingatlah bahwa tanaman ini lebih menyukai cahaya alami.

Sayangnya, tanaman ini lebih cocok bagi pehobi tanaman hias yang lebih berpengalaman.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/11/122344420/8-inspirasi-tanaman-hias-gantung-untuk-mempercantik-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke