Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Smartwatch Makin Canggih, Fiturnya Makin Banyak

KOMPAS.com - Mungkin kita masih ingat bahwa gagasan untuk memakai jam tangan canggih sudah ada sejak lama.

Tengoklah film-film futuristik di mana jagoannya bisa berkomunikasi lewat jam tangannya, mendapatkan berbagai informasi sekitarnya dari piranti tersebut, bahkan dapat memantau kondisi kesehatannya dari sana.

Saat itu barangkali kita menyangka jam semacam itu hanya ada di film atau hanya bisa dimiliki orang tertentu, seperti para agen rahasia.

Tapi ternyata kita salah. Jam tangan pintar atau smartwatch dengan segudang fitur dan kemampuan ternyata sudah hadir di sekitar kita, dengan harga yang terjangkau pula.

Salah satunya adalah Amazfit GTS 2 dari Huami Technology. Smartwatch ini dirancang untuk membantu pemakainya memantau kesehatannya, karena dilengkapi fitur seperti pengukur kadar oksigen dalam darah dan pemantau detak jantung.

Tapi bukan itu saja. Ada banyak sekali fitur lain yang disematkan pada smartwatch ini, mulai dari kepentingan untuk penampilan hingga komunikasi. Apa saja yang menarik dari Amazfit GTS 2?

Dari sisi tampilan, smartwatch yang hadir dalam warna desert gold, urban grey, dan midnight black ini terkesan simpel namun mewah.

Sisi segi empatnya terasa halus bila diraba, dan layar Amoled 341 ppi pixel menghasilkan tampilan jernih dengan warna-warna cerah.

Agar lebih tahan gores, layar ini dilapisi karbon tipis, sementara bodinya menggunakan bahan campuran aluminium untuk kekuatan sekaligus menghasilkan bobot yang ringan.

Fitur pendukung kesehatan

Jam tangan akan mendapatkan berbagai informasi lewat sensor yang berada di bagian bawah jam, yang bersentuhan dengan kulit pemakainya.

Salah satu fitur unggulannya adalah pengukur kadar oksigen dalam darah atau SpO2. Kadar oksigen merupakan indikator kesehatan yang diperlukan ketika seseorang melakukan aktivitas seperti lari maraton, atau melakukan latihan intens.

Dengan mengetahui tingkat SpO2, kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi fisik kita dan menjaga kesehatan tetap terkendali.

Lalu seperti kebanyakan smartwatch, Amazfit GTS 2 juga dilengkapi fitur pemantauan detak jantung 24 jam, dan mampu memberikan peringatan saat detak jantung penggunanya meningkat secara tidak normal.

Di samping itu ada fitur pemantauan kualitas tidur yang bisa menentukan tahapan tidur (tidur ringan, tidur nyenyak, periode REM), memantau kondisi pernapasan saat tidur, dan memberikan analisis kualitas dan saran untuk perbaikan berdasarkan data tersebut.

Uniknya, berbagai data kesehatan yang diterima oleh jam tangan bisa digunakan untuk melihat tingkat stres pemakainya, mengingat kita kadang-kadang tidak sadar jika sedang mengalami stres.

Dengan indikator level stres, kita bisa tahu kapan harus bersantai dan mengurangi ketegangan.

Berkomunikasi lewat jam tangan

Setelah terhubung melalui Bluetooth, maka penggunanya bisa menerima panggilan telepon melalui jam tangan. Amazfit GTS 2 dilengkapi speaker dan mikrofon untuk menghasilkan suara jernih saat dipakai menelpon.

Selain itu, pada jam tangan ini juga ditanamkan fitur Alexa Amazon, di mana kita bisa bertanya tentang berbagai hal, menerjemahkan bahasa, mengatur alarm, timer, mengetahui cuaca, dan sebagainya.

Dari sisi hiburan, Amazfit GTS 2 bisa dipakai untuk memutar musik, dan dengan kapasitas 3 GB kita dapat mentransfer 300-600 lagu favorit ke jam tangan melalui ponsel.

Musik dapat didengarkan melalui headphone nirkabel Amazfit PowerBuds (bisa dibeli terpisah), atau langsung melalui speaker jam tangan.

Sedangkan untuk penggemar olahraga, Amazfit GTS 2 dilengkapi 12 mode olahraga untuk memonitor dan menghasilkan laporan analitis selama kita berolahraga. Pilihan modenya beragam, mulai dari berjalan, berlari, bersepeda, berenang, hingga mendaki.

Walau smartwatch tidak lazim dipakai berenang, namun seri ini dilengkapi waterproofing yang menawarkan perlindungan hingga kedalaman 50 meter.

Menariknya, tampilan pada smartwatch ini bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Melalui fitur watch faces, kita bisa mengganti tampilan jam dengan berbagai tema dan gambar, termasuk gambar kita sendiri.

Dengan begitu, jam ini bisa dipakai saat kita ingin tampil resmi, tampil sportif, maupun pada kesempatan lainnya. Tinggal menyesuaikan apa yang ingin ditampilkan di layar.

Bagaimana dengan baterainya?

Bila dipakai untuk menerima telepon terus menerus, maka baterai akan tahan selama 5 jam, sedangkan bila GPS dinyalakan terus, baterai akan bertahan 25 jam. Sementara bila semua fitur dimatikan dan hanya dipakai untuk melihat waktu, maka baterai bisa tahan 20 hari.

Untungnya jam tangan ini dilengkapi charger magnet yang mudah dipakai untuk mengisi daya. Smartwatch akan kembali terisi penuh setelah 2 jam di-charge.

Amazfit GTS 2 akan tersedia mulai 12 Desember 2020 di Shopee Amazfit official store
dengan harga Rp 2.299.000 saat acara12.12 Flash Sale, dan harga promo Rp 2.349.000.

Dengan smartwatch tersebut, kita bisa memantau kondisi kesehatan, mendapatkan berbagai informasi, memerintahkan jam tangan untuk melakukan banyak hal, bahkan menelpon dengannya, sekaligus tampil keren persis seperti di film-film. Asik kan...

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/11/131717420/smartwatch-makin-canggih-fiturnya-makin-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke