Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Cemara, Hiasi Rumah Jelang Natal dengan Tanaman Ini

KOMPAS.com— Selama ini Natal selalu identik dengan pohon cemara dan hiasan yang menggantung di dahan dan rantingnya.

Namun, selain cemara ada deretan tanaman lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mendekorasi rumah menjelang perayaan.

Untuk kamu yang ingin mencoba dekorasi rumah dengan tanaman khas Natal, berikut beberapa jenisnya:

1. Poinsettia atau kastuba merah

Tanaman ini adalah tanaman klasik khas Natal yang sangat sempurna untuk memberi sentuhan semarak perayaan di ruangan. Warna merahnya membuat siapapun bersemangat saat melihatnya.

Olivia Harvey, direktur jangkauan dan merchandising di Bloom & Wild mengatakan, Natal tidak akan meriah bila tidak ada kastuba merah.

Menurutnya kastuba merah adalah pilihan cerdas yang akan menghemat ruangan jika kamu memilih untuk tak menghadirkan pohon natal.

Tanaman ini juga bisa diletakkan dimana saja dan mudah dipadupadankan dengan ruangan gaya apapun. Perawatannya juga relatif mudah.

“Tanaman meriah yang sempurna dan bebas repot. Dia (memberi kesan) hangat, banyak cahaya alami, dan hanya membutuhkan sedikit air sekali seminggu, sangat mudah!” ujar Harvey.

Peringatan bagi kamu yang memiliki kucing, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari teman berbulu karena cukup berbahaya bila dikonsumsi.

2. Amarilis

Amarillis masuk dalam salah satu bunga Natal yang populer. Bunganya yang cantik dengan warna putih yang lembut sangat cocok untuk warna natal tradisional.

Varietas lain juga bisa menghasilkan bunga putih bersalju, yang ideal untuk tampilan tema winter wonderland. Bunganya sangat besar dan berbentuk terompet, membuatnya menarik secara alami.

Terlepas dari reputasi musim dinginnya, mereka sebenarnya adalah tanaman tropis asli Amerika Selatan dan Tengah. Namun demikian, bunga ini menjadi hadiah populer saat Natal karena bisa mekar di dalam ruangan di musim dingin.

Meskipun biasanya dibeli sebagai tanaman, bunga ini juga cantik jika dirangkai bersama berry dan ranting lainnya. Letakkan Amarilis di meja camilan, atau meja makan saat menjamu orang terdekat.

3. Azalea

Azalea adalah bagian dari keluarga Rhododendron dan merupakan tanaman hias yang populer saat Natal.

Bunga-bunga indah dan mekar penuh, cocok untuk mencerahkan rumah, dengan warna merah dan putih yang paling populer selama musim perayaan. 

Begitu Azalea mulai mekar, bunganya bertahan hingga 4 minggu, menjadikannya pusat perhatian yang bagus untuk melengkapi perayaan Natal.

Azalea paling baik disimpan di tempat yang sedikit lebih sejuk, lembab, dan jauh dari sumber panas. Untuk menyiram, rendam pot di dalam air bersuhu ruangan dan biarkan mengering. 

Azalea juga memiliki makna simbolis yang kaya, dengan makna bunga termasuk feminitas, kesederhanaan, kelembutan, dan merawat diri sendiri dan orang lain.

4. Christmas cactus 
Christmas cactus atau Schlumbergera truncata adalah tanaman yang berasal dari daerah kecil pegunungan pesisir Brasil tenggara.

Christmas cactus akan berbunga pada bulan Desember dengan bunga yang mekar lebar dan berani.

Simpan pot di dalam nampan berisi kerikil dan tambahkan air sampai menyentuh dasar pot. Kemudian, rutinlah menyiram untuk mendapatkan tampilan bunga dengan warna mencolok.

Christmas Cactus yang memiliki umur yang panjang dengan perawatan relatif mudah, mungkin bisa menjadi salah satu dekorasi natal yang alami di rumah Anda.

5. Mawar merah

Mawar merah tidak hanya untuk acara-acara romantis saja, tanaman ini juga merupakan bahan pokok karangan bunga pada perayaan natal.

Warnanya yang cerah sangat cocok dengan warna tradisional Natal yang juga membuat ruangan langsung tampak meriah.

Selain menempatkanya hidup dalam pot, kamu juga bisa merangkai mawar merah dengan tanaman lainnya untuk diletakkan di meja jamuan makan atau meja yang digunakan untuk meletakkan camilan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/13/173100920/selain-cemara-hiasi-rumah-jelang-natal-dengan-tanaman-ini

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.