Salin Artikel

Seks Akan Membuat Hidup Lebih Baik, Bahkan di Usia Senja

KOMPAS.com — Hubungan seksual yang teratur dan menyenangkan merupakan salah satu rahasia pernikahan yang langgeng. Bahkan, pasangan yang masih bercinta sampai usia tua akan lebih menikmati hidupnya.

“Konsepsi umum adalah bahwa orang dewasa yang lebih tua tidak seaktif secara seksual seperti orang yang lebih muda, atau tidak berhubungan seks sama sekali,” kata rekan penulis studi Lee Smith, seorang pembaca epidemiologi di Anglia Ruskin University, Inggris.

Meski aktivitas seksual menurun, mereka yang sudah memasuki usia senja sebenarnya tidak aseksual.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian pada lansia di Amerika yang berusia di antara 65-80 tahun, 40 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka masih melakukan hubungan seks.

Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Sexual Medicine itu, Smith dan rekannya memeriksa data dari hampir 7.000 orang dewasa di Inggris yang berusia 50 hingga 89 tahun. Mereka melaporkan sendiri bagaimana dan seberapa sering mereka berhubungan seks.

Para responden itu setuju bahwa hubungan seks bisa meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan mereka.

Beberapa dari mereka menjawab “Saya menikmati hal-hal yang saya lakukan" dan "Saya merasa penuh energi hari ini”.

Berdasarkan jawaban mereka, setiap orang kemudian diberi skor tingkatan menikmati hidup pada skala 0 hingga 15.

Orang dewasa yang aktif secara seksual cenderung memiliki skor kualitas hidup total yang lebih tinggi, begitu pula mereka yang melaporkan merasa dekat dengan pasangannya.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa aktivitas seksual dalam bentuk apa pun penting untuk orang dewasa yang lebih tua.

“Hal ini mungkin bisa terjadi karena kemampuan bercinta untuk menghasilkan endorfin dan menumbuhkan perasaan kedekatan emosional,” kata Smith.

Tentu saja, seks mungkin bukan satu-satunya hal yang membuat orang bisa menikmati hidup. Orang dewasa yang lebih bahagia dan lebih sehat pada awalnya cenderung melakukan lebih banyak seks.

Penelitian Smith tidak dapat membuktikan apakah seks menyebabkan kebahagiaan atau justru sebaliknya. Bagi Smith, hal ini bisa terjadi jika ada sambutan hangat dari pasangan sehingga hubungan bisa berjalan dua arah.

Namun, Smith mengatakan, tidak ada salahnya mendorong orang dewasa dari segala usia untuk memprioritaskan seksualitas mereka sebagai bagian dari memelihara kesehatan.

Hal itu terutama karena kenikmatan hidup dan kesejahteraan terkait dengan segala hal mulai dari kesehatan mental yang lebih baik hingga tingkat penyakit kronis yang lebih rendah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/16/110215420/seks-akan-membuat-hidup-lebih-baik-bahkan-di-usia-senja

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.