Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rumahan

KOMPAS.com - Cara menghilangkan ketombe sangatlah beragam, mulai dari penggunaan produk anti ketombe, perawatan klinik, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Ketombe adalah masalah pada kulit kepala yang banyak dialami oleh masyarakat dari berbagai usia dan kalangan.

Kondisi ini memiliki tanda-tanda khas seperti kulit kepala yang gatal dan mengelupas.

Ada beberapa penyebab ketombe, seperti kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Meski ada banyak produk yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ketombe, namun kita juga bisa mencoba perawatan rumahan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Beberapa perawatan rumahan yang dapat menjadi cara menghilangkan ketombe antara lain:

Dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, minyak kelapa ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe.

Menurut Healthline, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kering di kulit kepala, yang dapat memperburuk ketombe.

Mengaplikasikan minyak kelapa ke kulit kelapa selama delapan minggu diyakini dapat mengurangi gejala ketombe hingga 68 persen, dibandingkan dengan menggunakan kelompok minyak mineral yakni sebesar 38 persen.

Beberapa penelitian dengan tabung reaksi juga membuktikan bahwa minyak kelapa dan senyawanya memiliki sifat anti-mikroba, meskipun efek pada strain spesifik jamur yang menyebabkan ketombe belum diteliti.

Lidah buaya sering dijadikan bahan yang ditambahkan ke dalam berbagai produk salep kulit, kosmetik, hingga lotion.

Ketika dioleskan ke kulit, lidah buaya diyakini dapat membantu mengobati kondisi kulit, seperti luka bakar, psoriasis dan luka dingin. Lidah buaya juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Menurut sebuah ulasan, kandungan antibakteri dan antijamur yang terkandung di dalam lidah buayalah yang membuatnya dapat melindungi kulit dari ketombe.

Penelitian tabung reaksi juga menemukan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi jamur yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala.

Sejumlah penelitian tabung reaksi juga menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi peradangan, yang dapat meredakan gejala ketombe.

Terlepas dari adanya sejumlah penelitian yang menjanjikan, diperlukan penelitian tambahan untuk mengetahui apakah lidah buaya dapat secara langsung mengatasi masalah ketombe.

Penggunaan sari cuka apel dikatikan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk sering digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Keasamaan pada cuka diyakini mampu membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Selain itu, sari cuka apel juga dipercaya mampu menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Sayangnya, tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan alami ini.

Jika ingin mencobanya sebagai cara menghilangkan ketombe, cobalah menambahkan beberapa sendok sari cuka apel dengan sampo atau gabungkan dengan minyak esensial lain dan semprotkan langsung ke rambut.

Asam lemak omega-3 tidak hanya membantu memperbaiki membran sel di sekeliling sel tubuh kita, tetapi juga penting untuk fungsi jantung, sistem kekebalan tubuh dan paru-paru.

Di samping itu, asam lemak omega-3 juga penting untuk kesehatan kulit, utamanya membantu mengelola produksi dan hidrasi minyak, meningkatkan penyembuhan luka dan mencegah penuaan dini.

Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menimbulkan beberapa gejala, termasuk rambut kering, kulit kering dan memunculkan ketombe.

Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, yang juga dapat membantu meredakan gejala iritasi dan ketombe.

Untuk itu, tak ada salahnya meningkatkan asupan omega-3 sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Beberapa makanan yang merupakan sumber asam lemak omega-3 dan dapat membantu menghilangkan ketombe antara lain ikan berlemak seperti salmon dan makarel, biji rami, biji chia, kenari, dan lainnya.

Konsumsi suplemen minyak ikan juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 bagi tubuh.

Probiotik adalah jenis bakteri menguntungkan yang baik untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat probiotik, termasuk melindungi terhadap alergi, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan penurunan berat badan.

Probiotik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang pada akhirnya membantu tubuh melawan infeksi jamur penyebab ketombe.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan dapat mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang yang menjadi bagian dari penelitian.

Itulah mengapa meningkatkan konsumsi probiotik dapat menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Probiotik juga terbukti membantu mengurangi gejala terhadap kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis, terutama pada bayi dan anak-anak.

Probiotik dapat ditemukan di beberapa jenis makanan fermentasi, seperti kombucha, kimchi dan tempe. Namun, untuk konsumsi praktis dengan dosis yang memenuhi, probiotik juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Soda kue diyakini bertindak sebagai eksfoliator yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi gatal-gatal di kulit kepala.

Soda kue juga diyakini memiliki khasiat antijamur yang bermanfaat sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Sebuah studi tabung reaksi mengukur efek antijamur tersebut terhadap beberapa jenis jamur yang paling umum menyebabkan infeksi kulit.

Para peneliti menemukan bahwa soda kue ternyata mampu menghambat pertumbuhan jamur pada 79 persen spesimen setelah tujuh hari.

Untuk hasil terbaik dalam menghilangkan ketombe, cobalah mengoleskan soda kue langsung ke rambut yang masih basah, lalu pihat kulit kepala.

Biarkan selama 1-2 menit lalu lanjutkan keramas seperti biasa.

Menurut dokter kulit dari New York, Dr. Macrene Alexiades-Armenakas, nutrisi yang buruk dapat menyebabkan ketombe.

Dilansir The Cut, ia mengatakan bahwa makanan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit, yang dapat memberi makan jamur di kulit kepala.

Makanan manis dan produk susu dapat merangsang kelenjar sebaceous, yang dapat mengakibatkan produksi minyak berlebih.

Jadi, tak ada salahnya mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula sebagai cara menghilangkan ketombe atau menguranginya.

Minyak dan sel kulit mati akan semakin menumpuk akibat jarang mencuci rambut. Lebih rajin keramas bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe.

Ini terutama disarankan bagi orang-orang yang memiliki masalah ketombe atau dermatitis seboroik. Cucilah rambut secara teratur beberapa kali seminggu untuk mengurangi penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Sayangnya, sampo anti-ketombe berpotensi membuat rambut kering. Untuk mencegahnya, pastikan mengaplikasikan sampo hanya di kulit kepala.

Dr. Jessia Weiser dari New York Dermatology Group menyaraankan untuk memijat kulit kepala sedikitnya selama lima menit untuk memastikan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam sampo bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, pastikan mencuci rambut hingga bersih dan menyeluruh.

Menggaruk kulit kepala dapat memperburuk peradangan dan iritasi, terlebih jika memiliki kuku yang panjang dan tajam.

Oleh karena itu, menghindari menggaruk kulit kepala juga bisa menjadi cara menghilangkan ketombe secara alami yang melengkapi usaha lainnya.

Jika kulit kepala terasa gatal, Weiser menyarankan untuk melakukan pijatan lembut alih-alih menggaruk kulit kepala.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/16/131500220/9-cara-menghilangkan-ketombe-dengan-perawatan-rumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke