Salin Artikel

Berencana Liburan? Ingat Lagi 4 Tingkat Risiko Covid-19 Berikut

Sayangnya, libur akhir tahun kali ini mungkin tak bisa seperti tahun-tahun sebelumnya.

Masyarakat di seluruh dunia diimbau untuk lebih banyak beraktivitas di rumah demi menekan penyebaran Covid-19. Berbagai aturan pun diterapkan untuk menekan angka masyarakat yang berlibur.

Meski begitu, jika Anda tetap berencana menghabiskan waktu libur akhir tahun bersama teman atau keluarga, usahakan untuk mengenali risiko mobilitas dan kegiatan yang akan Anda lakukan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui keterangan pers yang disiarkan melalui covid19.go.id mengimbau masyarakat untuk mengenali empat tingkatan risiko berikut:

1. Kondisi dengan risiko rendah
Bagi Anda yang beraktivitas di rumah dan hanya berinteraksi dengan keluarga inti memiliki risiko yang paling rendah.

Bukan berarti Anda tidak bisa bepergian sama sekali. Pada kondisi yang sangat mendesak, Anda boleh bepergian asalkan hanya merupakan perjalanan singkat dan dilakukan menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga, tanpa berhenti selama perjalanan.

2. Kondisi lebih berisiko
Anda masuk ke dalam kategori ini jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama keluarga tanpa berhenti selama perjalanan, tetapi melakukan interaksi dengan bukan anggota keluarga inti.

Untuk memastikan Anda tetap aman dari penularan Covid-19, pastikan tetap berada di ruang terbuka dan mematuhi 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

3. Kondisi lebih tinggi berisiko
Anda berada pada kondisi lebih tinggi berisiko jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi bersama orang-orang yang bukan anggota keluarga.

Termasuk jika menggunakan transportasi publik, seperti kereta atau bus.

Anda juga akan lebih berisiko jika sepanjang perjalanan melakukan interaksi dengan beberapa orang yang bukan keluarga inti dan dilakukan di ruang tertutup, dengan hanya sebagian orang mematuhi 3M.

4. Kondisi risiko tertinggi
Anda akan masuk kategori paling berisiko jika bepergian menggunakan penerbangan dengan transit, perjalanan dengan kapal atau perahu, serta berinteraksi dengan orang dari beragam sumber di ruangan tertutup dengan ventilasi buruk, dengan hanya sebagian kecil orang mematuhi 3M.

Selain memastikan pemerintah memberikan kebijakan yang tepat untuk menekan penularan Covid-19, kita juga perlu menerapkan disiplin yang ketat untuk menekan penularan Covid-19, terutama jika masuk ke kategori kondisi risiko tertinggi.

Tetaplah berada di rumah selama keperluan Anda tidak mendesak.

"Saya menghimbau masyarakat, jika perjalanan tidak mendesak, diharapkan tidak melakukannya," ungkap Wiku.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/21/063000220/berencana-liburan-ingat-lagi-4-tingkat-risiko-covid-19-berikut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.