Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Minum Kopi di Pagi Hari? Waspadai Potensi 5 Efek Samping Ini

Tapi jangan lupa, kebiasaan ini juga memerlukan kepekaan dan perhatian terkait efek kesehatan di baliknya.

Kopi memang terbukti memberikan sejumlah manfaat kesehatan, salah satunya mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Kendati demikian, ada beberapa potensi efek samping yang harus diwaspadai. Berikut ini lima gejala yang dapat terjadi sehabis minum secangkir kopi atau lebih.

1. Peningkatan tekanan darah

Harvard Medical School menyimpulkan, kafein tidak menyebabkan tekanan darah meningkat untuk waktu yang lama.

Penelitian medis terkait hal itu juga tidak begitu jelas. Sebab, beberapa penelitian menemukan hubungan antara kopi dan hipertensi (tekanan darah tinggi), tapi yang lainnya tidak.

Contoh diambil dalam penelitian selama dua tahun yang melibatkan lebih dari 45.500 pria berusia antara 40-75 tahun.

Pada penelitian itu, para ilmuwan Harvard tidak menemukan hubungan antara penyakit kardiovaskular atau stroke dengan kopi, bahkan pada peminum kopi berat.

Padahal, tekanan darah tinggi merupakan faktor penyebab stroke.

Namun, sebuah riset pada tahun 2015 menunjukkan, orang-orang yang tak terbiasa minum kopi secara teratur dapat mengalami peningkatan tekanan darah sistolik jangka pendek, setelah minum espresso.

2. Sakit kepala

Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini diungkapkan oleh suatu penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine.

Penelitian tersebut meminta hampir 100 orang penderita migrain untuk mencatat kebiasaan konsumi minuman berkafein -termasuk kopi, teh, minuman berkarbonasi, dan minuman berenergi.

Poin utama dari penelitian ini menemukan kemungkinan peningkatan terjadinya migrain pada orang-orang yang minum setidaknya tiga minuman berkafein setiap hari.

Sebaliknya, mereka yang hanya minum 1-2 minuman berkafein setiap hari tidak mengalami migrain.

Kendati demikian, dalam artikel untuk Harvard Medical School, Robert H. Shmerling, MD mengatakan, masih banyak hal tidak pasti tentang konsumsi kafein dan sakit kepala migrain.

3. Tingkat kecemasan meningkat

Seorang pakar, Kelli McGrane RD mengatakan, efek samping dari minum terlalu banyak kopi adalah kafein yang mempercepat kerja sistem saraf pusat.

Akibatnya, minum kopi lebih dari jumlah sedang -kira-kira tiga cangkir pada orang yang tidak sensitif kafein) dapat menyebabkan perasaan gemetar.

"Bahkan mungkin merasakan mual atau jantung berdegup kencang," tambahnya.

Dalam suatu artikel Health, Psikolog Susan Bowling, PsyD dari Cleveland Clinic mengatakan, secara umum kafein sering kali menjadi berita buruk bagi orang-orang dengan kecemasan.

"Efek alami kafein merangsang sejumlah sensasi, seperti jantung berdetak lebih cepat, tubuh memanas, laju pernapasan meningkat. Semua itu menyerupai kecemasan," kata dia.

Pada akhirnya, sulit bagi pikiran untuk mengidentifikasi apakah yang dirasakan dari kopi sebenarnya kecemasan atau bukan.

Jika sebelumnya sudah mengalami kecemasan, sebaiknya hindari minum minuman berkafein dalam jumlah banyak, atau bahkan mungkin tidak sama sekali.

4. Kualitas tidur terganggu

Kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur malam secara penuh bisa saja disebabkan oleh kopi.

Sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan efek kafein terhadap waktu tidur.

Ternyata, minum kafein hingga enam jam sebelum jam tidur dapat mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur malam sebanyak satu jam.

5. Masalah kesuburan

Penelitian menunjukkan minum kopi dalam jumlah berlebih dapat menghambat pembuahan dan yang lebih parah meningkatkan kemungkinan keguguran.

"Tidak ada penjelasan aktual mengapa konsumsi kafein yang berlebihan terbukti mengurangi kesuburan," kata Ob-gyn Gil Weiss, MD.

Sehingga, disarankan pasangan membatasi asupan minum kopi harian jika sedang mencoba untuk hamil.

"Sebagian besar ahli setuju, mengonsumsi kurang dari 200 miligram (setara dua cangkir) kafein seharusnya tidak berdampak pada kesuburan," kata Weiss.

 


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/22/094437220/sering-minum-kopi-di-pagi-hari-waspadai-potensi-5-efek-samping-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke