Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Pangeran Charles Memakai Jas Biru di Pemakaman Putri Diana?

Salah satu yang menarik perhatian adalah film dokumenter 2017, Diana: 7 Days That Shook The World, yang juga tayang di Netflix.

Dokumenter tersebut memberikan gambaran mendalam tentang seminggu setelah kematian Diana.

Di dalamnya, ada salah satu detail yang mengundang rasa penasaran para penggemar, yakni tentang setelan yang dikenakan Charles ketika menghadiri pemakaman sang mantan istri.

Sulung Ratu Elizabeth II itu tampak berjalan di belakang peti mati Diana bersama mantan saudara iparnya, kedua putranya, dan ayahnya, dengan mengenakan setelan biru dongker, yang meskipun tidak terlampau terang, namun tetap menonjol di antara pakaian warna hitam yang dikenakan orang-orang.

Hal ini mengejutkan banyak pihak, mengingat Charles biasanya memegang teguh protokol dalam acara-acara kerajaan.

Terlepas dari anggapan negatif sebagian orang, setelan Saville Row biru yang dipilihnya sebenarnya adalah simbol penghormatan untuk mendiang mantan istrinya, bukan salah satu sikap tidak hormat.

Penulis kerajaan Brian Hoey mengatakan, setelan ini adalah favorit Diana. Diana sendiri yang membantu Pangeran Charles memilihnya.

"Diana lebih suka dia memakai warna biru daripada hitam atau abu-abu. Diam-diam itu adalah pujian yang indah untuknya (Diana),” ujar Brian seperti disampaikan kepada People pada 1997.

Adapun pernikahan pasangan tersebut memang menjadi sorotan dunia dan menarik minat masyarakat untuk mengikuti The Crown musim keempat.

Banyak pihak di sekeliling keluarga kerajaan mengecam penggambaran serial tersebut tentang anggota keluarga kerajaan, termasuk tentang kisah pernikahan Charles dan Diana.

Menurut para sumber, ada banyak ketidakakuratan faktual menurut, sementsra beberapa penggambaran di sana memang benar terjadi.

Misalnya, Camilla dan Diana yang pernah makan siang bersama. Faktanya keduanya meman benar-benar bertemu untuk makan siang, tetapi apakah percakapan mereka berjalan seperti yang digambarkan dalam serial atau tidak, itu masih menjadi misteri.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/25/081600420/mengapa-pangeran-charles-memakai-jas-biru-di-pemakaman-putri-diana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke