Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aktivitas Padat, Begini Cara Jeff Bezos Bagi Waktu

KOMPAS.com - CEO dan pendiri Amazon Jeff Bezos masih menempati posisi teratas dalam daftar orang terkaya di dunia.

Perusahaan penjualan online itu membuat Bezos memiliki kekayaan bersih sebesar 187 miliar dollar AS.

Dengan menyandang status sebagai orang nomor satu Amazon Bezos tentu memiliki aktivitas yang padat. Kita pun beranggapan bahwa ia tidak memiliki waktu luang untuk bersantai atau bersama keluarganya.

Namun, rupanya ia bisa menyisihkan waktunya setiap hari untuk puttering time atau melakukan pekerjaan sederhana dan hal lain.

Dalam buku "Invent & Wander: The Collected Writings of Jeff Bezos," Bezos mengatakan puttering time adalah rutinitas pagi yang berharga baginya.

"Saya bangun lebih awal, pergi tidur lebih awal. Saya suka membaca koran, minum kopi, sarapan dengan anak-anak saya sebelum mereka berangkat sekolah," kata Bezos dalam Economic Club of Washington tahun 2018.

"Jadi puttering time sangat penting bagi saya."

Dia mengatakan, waktu istirahat dan pemulihan tenaga membantu dirinya membuat keputusan penting. Itu sebabnya dia mengatur pertemuan pertama setiap hari pada pukul sepuluh.

"Saya biasa melakukan pertemuan penting sebelum makan siang, karena pada jam lima sore, saya tidak bisa memikirkan masalah hari ini. Saya coba lagi besok jam sepuluh pagi," sambungnya.

Jika tidak melakukan perjalanan bisnis ke tempat dengan zona waktu yang berbeda, pria berusia 56 tahun ini sangat memprioritaskan tidur atau beristirahat.

"Saya butuh delapan jam tidur. Saya berpikir lebih baik, memiliki lebih banyak energi. Suasana hati saya lebih baik," kata Bezos, seperti ditulis dalam buku tersebut.

Namun, Bezos bukan orang yang menerapkan work-life balance atau menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan.

Pada tahun 2016, dia mengatakan kepada Thrive Global bahwa dia lebih memilih gagasan "harmoni" kehidupan kerja daripada "keseimbangan."

"Sebenarnya, jika saya bahagia di tempat kerja, saya lebih baik di rumah, menjadi suami dan ayah yang lebih baik," tuturnya.

"Dan jika saya bahagia di rumah, saya bekerja lebih bersemangat, dengan karyawan dan kolega yang lebih baik."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/12/30/104600020/aktivitas-padat-begini-cara-jeff-bezos-bagi-waktu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke