Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Anak Potong Rambut Sendiri

KOMPAS.com—Putra Kim Kadarshian, Saint Kanye West, yang baru berusia 5 tahun, memotong sendiri rambutnya dengan gunting yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan.

Hal ini diungkapkan oleh Kim dalam unggahannya di Instagram Stories. Kim menunggah gumpalan rambut ikal milik Saint yang sudah terpotong, berikut gunting yang digunakan untuk memangkasnya.

"Masih terlihat manis," tulis Kim mengomentari hasil potongan rambut putranya.

Insiden anak yang memotong sendiri rambutnya, kerap kali terjadi. Mereka melakukannya setelah melihat bagaimana orangtua atau salon langganannya memotong rambutnya, dan ingin mencobanya sendiri. 

Tingkah itu juga bisa karena mereka penasaran bagaimana rasanya memotong rambutnya sendiri atau rambut adiknya, atau pun bonekanya.

Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi pada anak-anak kita di rumah? Berikut cara menghadapinya.

Cari tahu alasannya

Julie Romanowski, pemilik dan konsultan Miss Behavior, layanan pembinaan orangtua di Okanagan Valley BC dan wilayah Vancouver, mengungkapkan bahwa orangtua perlu mencari tahu, apakah anak bertingkah atau hanya mencoba mengekspresikan dirinya.

Jika didorong rasa penasaran, Romanowski mengatakan bahwa si kecil mungkin akan mencoba melakukannya sembunyi-sembunyi, takut atau terkejut ketika dia kepergok melakukannya, dan dia tidak akan benar-benar mengakui ketika ketahuan.

Jika memotong sendiri rambutnya adalah caranya mengekspresikan diri, dia akan senang atau kecewa dengan hasilnya, dan dia tidak keberatan mendiskusikan gaya rambut barunya.

Jika anak melakukannya untuk mencoba menarik perhatian orangtua, Romanowski menyarankan untuk mencoba tidak bereaksi dengan amarah.

“Jelaskan bahwa kamu tidak menyukai apa yang dia lakukan dan akan ada konsekuensinya,” kata Romanowski.

Misalnya, singkirkan gunting dan beri tahu dia bahwa dia akan diawasi saat dia ingin menggunakannya.

Jika ini dilakukan karena dia ingin mengekspresikan dirinya, tawarkan cara yang lebih baik untuk menjadi kreatif, seperti melakukan kerajinan tangan, dandanan, menari di depan cermin atau melukis wajah. Beri tahu anak bahwa hanya penata rambut, Ibu atau Ayah yang diperbolehkan memotong rambut mereka.

Langkah selanjutnya

Anna Guglielmo, seorang penata rambut di Oshawa, Ontario, telah menemui banyak klien kecil — laki-laki dan perempuan — yang telah memotong rambut mereka sendiri.

Dia merekomendasikan orang tua untuk menyerahkan insiden ini pada penata rambut untuk membereskannya.

Anak yang memotong sendiri rambutnya, bisa jadi karena mereka ingin bereksperimen atau hanya keingintahuan sederhana.

Untuk itu jangan lewatkan pengawasan pada anak dan hindarkan gunting tajam dari jangkauan si kecil agar insiden ini tak berulang.


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/03/140028620/yang-harus-dilakukan-orangtua-jika-anak-potong-rambut-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke