Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Benda Asing Tersangkut di Hidung Anak, Lakukan ini

KOMPAS.com - Balita cenderung tidak memiliki rasa takut dan senang mencoba hal baru. Terkadang apa yang dia lakukan bisa berbahaya, seperti memasukkan benda-benda kecil ke mulut atau hidungnya.

Benda asing yang tersangkut di hidung adalah kondisi umum pada anak-anak berusia dua hingga lima tahun. Hal ini juga bisa terjadi pada anak berusia tujuh tahun.

"Anak cenderung menaruh benda kecil seperti manik-manik atau biji jagung di hidungnya, tapi saya juga melihat banyak hal berbeda," kata spesialis pengobatan darurat anak Purva Grover, MD.

Orangtua biasanya mengetahui saat anak memasukkan sesuatu ke hidungnya. Begitu kita menghampiri si kecil, kita sadar bahwa benda asing itu tersangkut di hidungnya.

"Ini lebih sering terjadi pada anak berusia lebih tua yang tidak ingin mendapat masalah, atau anak yang terlambat berkembang dan tidak dapat mengatakan kepada orangtua apa yang terjadi," sebut Grover.

Apabila kita merasa ada masalah pada hidung anak, perhatikan tanda seperti bau tidak sedap yang berasal dari satu lubang hidung, atau gejala mirip infeksi sinus seperti demam tinggi atau lendir berwarna hijau tua.

Jika ada sesuatu yang menempel di lubang hidung anak, segera bertindak dengan mengeluarkan benda tersebut, atau membawa anak ke dokter.

"Kalau Anda menunggu, infeksi bisa berkembang," ujar Grover mengingatkan.

"Dalam beberapa kasus yang jarang, jika dibiarkan di hidung semalaman, benda dapat tersedot ke dalam saluran pernapasan dan kemungkinan menyebabkan anak tersedak."

Cara mengeluarkan benda asing dari hidung anak

Sebagian besar benda asing di hidung tidak akan keluar tanpa bantuan orangtua atau dokter, khususnya pada anak yang belum bisa mengeluarkan ingus dari hidung.

Jika benda asing tersangkut di hidung anak, kita bisa mencoba dua hal:

1. Mengeluarkan benda dari hidung anak

Lakukan satu kali percobaan untuk mengeluarkan benda dari hidung anak. Semakin sering mencoba, anak akan menjadi kurang kooperatif ketika dokter mencoba mengeluarkannya dan butuh pembedahan untuk membuang benda asing dari hidungnya.

2. Metode mother kiss atau ciuman ibu

Jika kita ingin melakukan penanganan terhadap benda asing yang tersangkut di hidung anak, gunakan metode "mother kiss" atau ciuman ibu. Caranya:

- Tempatkan mulut kita di atas mulut anak

- Pegang lubang hidung yang tidak tertutup rapat dengan jari

- Tiup perlahan ke mulut anak

Terapkan langkah ini untuk mengeluarkan benda asing tanpa bantuan dokter.

Satu penelitian menemukan metode "mother kiss" adalah teknik yang aman dan efektif untuk mengeluarkan benda asing dari hidung.

Cara ini memiliki kemungkinan berhasil 60 persen, namun untuk benda lembut seperti busa atau tisu biasanya memerlukan bantuan dokter.

Grover juga berpesan agar orangtua mengecek apakah ada benda asing yang dimasukkan anak ke bagian tubuh lain, seperti telinga atau mulut.

"Artinya, jika anak Anda memasukkan sesuatu ke hidungnya, kemungkinan besar ia juga mencoba meletakkan sesuatu di tempat lain, seperti di telinga."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/07/085249620/ada-benda-asing-tersangkut-di-hidung-anak-lakukan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke