Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencegah Kulit Iritasi Gara-gara Sering Pakai Hand Sanitizer

Sayangnya, terlalu sering mencuci tangan dan memakai hand sanitizer berpotensi membuat kulit kering dan iritasi, terutama bagi orang-orang dengan kulit sensitif.

Apalagi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar produk pembersih tangan yang digunakan mengandung alkohol 60 persen atau lebih tinggi, ketika bicara soal pencegahan virus corona.

"Bahkan pada orang-orang yang tidak punya eksim sebelumnya juga bisa mengalami kulit kering," kata dokter kulit dari Olney Dermatology, Paula Bourelly, MD, seperti dilansir Vogue.

Terlalu sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering, apalagi jika diikuti dengan praktik penggunaan hand sanitizer.

Pemilik Bargen Dermatology dan salah satu pemilik Karité Shea Butter, Naana Boakye, MD mengatakan, sering mencuci tangan bisa menyebabkan tangan kering dan iritasi.

Menambahkan penggunaan hand sanitizer dapat memperparah kondisi tersebut, bahkan bisa menyebabkan dermatitis atau peradangan pada kulit.

Pencegahan
Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan agar kulit tidak kering dan iritasi meski banyak mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Beberapa di antaranya:

1. Prioritaskan cuci tangan dengan sabun
Jika ada pilihan antara mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer, Bourelly merekomendasikan untuk selalu memilih cuci tangan dengan sabun.

"Sabun yang dipilih tidak harus antibakteri. Tapi, jika bisa memilih, ada beberapa pilihan sabun mengandung pelembap," katanya.

2. Gunakan pelembap
Beberapa kondisi tidak memungkinkan kita untuk mencuci tangan dengan sabun, sehingga menggunakan hand sanitizer menjadi satu-satunya pilihan.

Sebagai persiapan menghadapi kondisi tersebut, selalu persiapkan produk pelembap.

Bourelly mengatakan, pelembap dengan tekstur krim lebih baik daripada losion.

Pelembap salep adalah opsi terbaik, namun karena sifat berminyak yang berlebih mungkin akan lebih nyaman jika menggunakannya sebelum tidur alih-alih ketika sedang beraktivitas.

3. Pilih hand sanitizer dengan pelembap
Jika ingin opsi praktis, carilah produk hand sanitizer dengan kandungan pelembap.

Menurut Boakye, salah satunya adalah dengan mencari hand sanitizer dengan jumlah etil alkohol yang tepat, yaitu 75 persen, namun juga memiliki sifat melembapkan, seperti minyak esensial.

Memiliki kandungan alkohol 80 persen, hand sanitizer ini dapat bekerja efektif melawan kuman tanpa harus dibilas, sekaligus menjaga kulit tetap lembap karena mengandung ekstrak lidah buaya.

Selain produk hand gel, rangkaian Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Series juga menyertakan hand wash dan multifunction gel.

Triple soothing agent yang terkandung di dalam produk multifunction gel juga diklaim mampu membantu merawat kulit merah akibat iritasi dari polusi dan sengatan matahari.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/10/170000320/mencegah-kulit-iritasi-gara-gara-sering-pakai-hand-sanitizer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke