Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi Terkini Percepat Penanganan Pasien Stroke

KOMPAS.com – Dalam penanganan pasien stroke, waktu pelayanan yang cepat dan tepat akan mengurangi risiko kecacatan dan kematian. Karena itu alur klinis yang pendek sangat dibutuhkan.

Pemanfaatan teknologi terkini dalam penanganan pasien stroke kini menjadi keharusan. Di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) digunakan teknologi digital untuk memperpendek alur pemeriksaan.

Sejak awal rumah sakit rujukan tertinggi untuk penyakit neurologi, saraf otak, dan stroke ini dilengkapi dengan CT-Scan dengan Picture Archiving and Communication System (PACS) basic.

Menurut penjelasan Kepala Instalasi Radiologi RS PON, dr.Melita Sp.Rad, kini rumah sakit ini sudah menggunakan PACS Synapse dari FujiFilm yang menggunakan kecerdasan buatan.

PACS menjadikan pekerjaan manual yang repititif menjadi digital, serta memberi kemudahan akses melalui perangkat mobil dan dengan mudah diakses dokter atau tenaga kesehatan di mana pun.

“Hasilnya, pemeriksaan di instalasi radiologi khusus penyakit stroke kini bisa dikurangi menjadi maksimal 20 menit,” kata Melita dalam siaran pers.

Ia menambahkan, saat ini dokter yang sedang berada di luar rumah sakit tidak perlu menunggu lama untuk melihat hasil gambar dari CT-Scan pasien.

Sesuai standar yang diterapkan, rumah sakit hanya memiliki waktu maksimal satu jam untuk melakukan layanan tersebut jika pasien stroke datang untuk pemeriksaan. Dengan teknologi terbaru ini, waktunya bisa dipersingkat hanya 20 menit.

Ia mengatakan, teknologi kecerdasan buatan dapat menjadi rekan kerja baru bagi para dokter.

“Dari pengalaman dulu perlu waktu cukup lama dalam mendiagnosis dan merawat pasien akibat tidak adanya alat yang mempersingkat proses kerja,” paparnya.

Inovasi dalam Synapse (PACS) mendukung dokterdan tenaga kesehatan meningkatkan efektivitas dan produktivitas alurkerja sehingga pasien dapat segera ditangani dengan waktu tunggu minimum serta improvement dan akurasi dalam mendiagnosis.

“Akurasi tersebut menjadi faktor yang penting untuk membantu meningkatkan persentase kesembuhan pasien,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/14/170438120/teknologi-terkini-percepat-penanganan-pasien-stroke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke