Salin Artikel

5 Cara Ciptakan Lebih Banyak Ruang Penyimpanan di Rumah

KOMPAS.com— Kurangnya ruang penyimpanan di rumah membuat barang-barang menjadi berserakan. Akibatnya, rumah jadi terlihat berantakan dan sempit. Bila hal ini terjadi, artinya, kamu butuh menyiapkan ruang penyimpanan baru di rumah.

Untuk kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan baru, berikut adalah lima tips membuat lebih banyak ruang penyimpanan di rumah yang bisa kamu coba:

1. Singkirkan benda yang tidak perlu

Jika rumah penuh dengan barang-barang, tugas pertama yang harus dilakukan adalah memilah barang-barang yang sudah tak lagi digunakan dan membuangnya.

Terkadang, membuang barang-barang memang sulit, terlebih jika barang tersebut memiliki kenangan. Namun, ini perlu dilakukan mengingat barang tersebut mungkin sudah tak lagi berfungsi dan hanya mempersempit ruang penyimpanan.

Bila barang yang ingin disingkirkan masih bisa digunakan, kamu bisa mendonasikan. Misalnya, koleksi baju yang masih bagus namun sudah tak muat lagi, atau sepatu anak yang sudah tak digunakan.

2. Atur barang-barang yang disimpan

Jika sudah menentukan barang mana yang ingin disimpan, kelompokkan menjadi satu jenis barang, misalnya, alat tulis, perkakas untuk memperbaiki, perlengkapan dapur, dan sebagainya. Lalu, beri label pada tempat penyimpanan, entah itu laci, kardus atau kotak bening dari plastik.

Susun semua barang-barang berdasarkan kotak mana yang lebih banyak kamu gunakan, dan yang jarang digunakan, letakkan di urutan paling bawah.

3. Cari ruang kosong

Di sebagian besar rumah, seringkali ada ruang kosong yang sebenarnya bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Pertimbangkan untuk membangun rak di sekeliling ruangan dekat dengan langit-langit. Kamar tidur adalah tempat yang bagus untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan seperti topi, pakaian, tas dan jaket.

Penyimpanan vertikal di kamar mandi dapat digunakan untuk barang-barang seperti tisu toilet cadangan dan peralatan mandi, sementara rak tambahan di dapur dapat menyimpan peralatan masak yang jarang digunakan.

Apa pun yang tidak kita gunakan setiap hari dapat disimpan agar rumah terlihat rapi

4. Manfaatkan ruang di bawah barang

Jika tempat tidur menggunakan dipan, kamu bisa menggunakan bagian bawahnya sebagai tempat penyimpanan.

Tambahkan laci atau kotak penyimpanan untuk menyimpan sprei, selimut tebal atau bantal cadangan.

Ruang bagian bawah kursi, meja dan sandaran sofa juga bisa disulap menjadi tempat penyimpanan.

5. Ubah sudut pandang

Jika selama ini kamu berpikir sudah memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan barang-barang, lihat lagi dan terima kenyataan.

Belum lagi, setiap bulan barang-barang di rumah selalu bertambah yang membuat rumah akan terlihat semakin sempit.

Ubah juga pola pikir yang selalu berat membuang barang yang sudah usang dan tak bisa digunakan lagi.

Selain itu, perilaku konsumtif juga harus dibatasi untuk menghindarkan diri dari upaya membeli barang yang sebenarnya tidak perlu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/16/123555020/5-cara-ciptakan-lebih-banyak-ruang-penyimpanan-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.