Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar dari Kasus Richard Lee dan Kartika Putri, Begini Cara Pilih Kosmetik yang Aman

Perseteruan keduanya bermula dari Richard Lee yang memberikan edukasi melalui kanal YouTube miliknya tentang salah satu produk kecantikan berupa krim wajah yang dinilai berbahaya.

Melalui uji laboratorium, Lee menyebut produk tersebut mengadung merkuri, yang pada uji lab berikutnya ternyata ditemukan produk tersebut mengandung hidrokuinon.

Penggunaan produk mengandung hidrokuinon sendiri perlu dilakukan dengan pengawasan dokter.

Dalam hal pemberian resep oleh dokter kulit atau dokter estetik sekalipun, krim mengandung hidrokuinon umumnya dikombinasikan dengan bahan lain untuk mengurangi potensi efek sampingnya dan di kontrol durasi pemakaiannya.

Seperti diungkapkan oleh dr Arini Astasari Widodo, SpKK, beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan setelah pemakaian produk kecantikan mengandung hidrokuinon secara tidak tepat antara lain iritasi, eritema (kemerahan pada wajah, terutama jika terkena sinar matahari), leukoderma atau depigmentasi confetti like (bercak putih pada kulit dengan pola menyerupai confetti), hingga kronis eksogen.

Tak hanya hidrokuinon, masyarakat sebetulnya juga perlu mewaspadai kandungan merkuri atau steroid dalam produk kosmetik.

Jika hidrokuinon masih dapat digunakan dengan pengawasan dokter dan dengan indikasi yang tepat, merkuri sudah masuk kategori kandungan yang dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tips memilih kosmetik aman
Label izin edar BPOM sering kali menjadi acuan masyarakat dalam membeli produk kecantikan.

Padahal, masih banyak faktor lainnya yang juga penting untuk diperhatikan.

"Label saja bisa dipalsukan. Daftar produk kosmetik yang ternotifikasi atau teregistrasi oleh Badan POM dapat dicek melalui website Badan POM," kata Arini kepada Kompas.com, Senin (18/01/2021).

Agar dapat memilih kosmetik yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit, Arini membagikan sejumlah tips memilih kosmetik yang bisa kita terapkan, antara lain:

1. Memilih dan membeli kosmetik sesuai kebutuhan

2. Cermat menggunakan kosmetik

3. Membaca informasi pada label

4. Mengenali masalah kulit
Jika hendak membeli produk kecantikan yang beredar di pasaran, selain memerhatikan aspek keamanan, penting pula untuk mengenali kondisi kulit masing-masing terlebih dahulu.

Membeli produk yang sesuai dengan jenis kulit kita akan membuat perawatan lebih optimal.

"Memilih produk kecantikan selain memilih produk yang aman, juga harus disesuaikan dengan problema kulit, jenis kulit, warna kulit, dan kondisi kulit untuk mendapatkan hasil yang diharapkan," kata Arini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/18/111235920/belajar-dari-kasus-richard-lee-dan-kartika-putri-begini-cara-pilih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke