Salin Artikel

Selain Meredakan Batuk, Ketahui Manfaat Madu dan Lemon untuk Tubuh

KOMPAS.com - Manfaat lemon dan madu untuk kesehatan sebenarnya bukanlah info rahasia. Sudah banyak orang yang rutin mengonsumsi keduannya setiap hari karena yakin akan khasiatnya. Secara ilmiah, minum air lemon yang dicampur madu juga ternyata sudah terbukti sehat.

Lemon dan madu masing-masing sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lantas bagaimana jika keduanya dicampur? Tentu, manfaatnya pun akan semakin kaya.

Berikut ini khasiat yang bisa kita rasakan dari campuran lemon dan madu.

1. Membantu menurunkan berat badan

Ada beberapa cara air lemon madu bisa membantu menurunkan berat badan. Pertama, untuk mengurangi bobot, minum air dan air lemon madu bisa jadi salah satu alternatifnya.

Dengan menambah asupan cairan, maka metabolisme di tubuh pun meningkat dan membuat kita merasa lebih kenyang.

Dengan demikian, kita akan makan lebih sedikit dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh pun akan berkurang. Hal tersebut akan sangat membantu memangkas bobot berlebih di tubuh.

Kedua, air lemon dan madu bisa menjadi alternatif minuman manis yang lebih sehat dibandingkan dengan soda maupun jus buah kemasan.

Kalori dan kandungan gula pada minuman kemasan jauh lebih tinggi dibanding air lemon madu. Dengan berhenti mengonsumsi minuman-minuman tersebut, maka tubuh akan terhindar dari kelebihan kalori.

2. Secara tradisional kerap dijadikan detoks alami

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa campuran lemon dan madu bisa membantu membuang racun di tubuh.

Namun secara tradisional, kedua bahan ini dipercaya bisa membersihkan usus dan menyingkirkan bakteri jahat di saluran pencernaan.

Saat minum air lemon madu, frekuensi buang air kecil juga akan meningkat, dan dengan keluarnya urine, dipercaya bisa mempercepat terbuangnya racun dari tubuh.

Apabila ingin mengonsumsi air lemon madu sebagai salah satu cara detoks, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

3. Baik untuk pencernaan

Minum air lemon dan madu bisa membantu mencegah konstipasi. Sebab, hal ini akan membantu mencegah dehidrasi dan menjaga sistem pencernaan pencernaan, sehingga tinja lebih mudah keluar.

Selain itu, campuran kedua bahan ini juga dinilai berpotensi meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Dengan demikian, saluran pencernaan bisa terjaga kesehatannya.

4. Meredakan batuk

Minum segelas air lemon dan madu hangat saat batuk, bisa membantu mengatasi iritasi yang terjadi di tenggorokan.

Campuran keduanya juga dapat semakin melegakan saluran pernapasan, sehingga frekuensi batuk bisa berkurang.

5. Mengatasi jerawat

Perasan lemon yang dicampur dengan madu juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh madu dan vitamin C yang terkandung dalam lemon, menjadikan campuran ini ampuh untuk mengatasi jerawat.

Namun, tidak semua orang cocok untuk menggunakan masker lemon dan madu. Pada beberapa orang, campuran ini bisa memicu iritasi. Jadi meski alami, kita tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat madu dan lemon selanjutnya adalah dapat meningkatkan proses metabolisme di tubuh. Minuman ini memang bisa membuat tubuh jadi terasa lebih berenergi.

7. Menguatkan daya tahan tubuh

Lemon sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan paparan radikal bebas berlebih yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya.

8. Mengontrol kadar asam di tubuh

Rasa asam yang ada pada lemon tidak selamanya buruk atau menyebabkan naiknya asam lambung. Sebab pada beberapa orang, asam sitrat yang ada pada lemon justru bisa bertindak sebagai alkalin di tubuh.

Hal ini membuat kadar asam di dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan risiko terkena penyakit kronis pun bisa berkurang.

9. Membantu tubuh melawan infeksi

Vitamin C dapat menstimulasi pembentukan sel darah putih di tubuh. Sel darah ini adalah bagian dari sistem imun yang bertugas untuk melawan bakteri, virus, jamur, maupun penyebab penyakit lainnya.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya akan vitamin C seperti air lemon dan madu, kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bisa terbantu.

10. Berpotensi meningkatkan kemampuan kognitif

Beberapa orang mengonsumsi air lemon dan madu untuk meningkatkan daya ingat atau fungsi otak. Namun, manfaat yang satu ini belum pernah dibuktikan secara ilmiah, sehingga akurasinya masih perlu lebih banyak diteliti.

Cara membuat air lemon madu

Membuat air lemon madu tidaklah sulit. Kita bisa menyiapkannya setiap hari dalam waktu singkat. Berikut ini langkah-langkahnya.

• Bahan
- 2 buah lemon
- 2 sendok teh madu
- 1 gelas air (230 ml)

• Cara membuat
- Rebus air hingga mendidih lalu diamkan hingga hangat.
- Masukkan air perasan lemon ke dalam air yang sudah menghangat.
- Tambahkan madu dan aduk hingga rata.

Selain dijadikan sebagai minuman hangat, kita juga bisa menikmatinya dalam keadaan dingin agar lebih menyegarkan.

Efek samping menggunakan lemon dan madu

Campuran lemon dan madu memang menyehatkan, tapi bukan berarti keduanya sama sekali tidak memiliki efek samping.

Air lemon, misalnya, di balik manfaatnya, juga mengandung asam sitrat yang bisa mengikir permukaan gigi sehingga berisiko berlubang.

Untuk mengurangi risiko gigi menjadi rusak setelah minum air lemon, kita disarankan untuk menggunakan sedotan, agar tidak terlalu banyak asam yang menempel di gigi. Setelah itu, jangan lupa berkumur dengan air putih.

Bagi beberapa orang, rasa asam yang ada pada lemon juga bisa memicu gangguan lambung. Namun bagi beberapa orang lainnya, air lemon justru bisa bertindak sebagai alkalin yang akan menetralkan asam lambung.

Jika Anda termasuk dalam kelompok yang mengalami gangguan lambung, seperti nyeri ulu hati setelah minum lemon, maka sebaiknya batasi atau hentikan konsumsinya.

Sementara itu, apabila ingin menggunakan campuran madu dan lemon untuk masker, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap keduanya.

Lakukan tes dengan mengoleskan sedikit campuran masker ke kulit tangan dan tunggu beberapa saat.

Jika tidak ada reaksi yang muncul, maka kemungkinan besar Anda tidak memiliki alergi terhadap keduanya. Sebaliknya, jika muncul rasa gatal atau kemerahan, maka sebaiknya tidak menggunakannya untuk masker wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/18/113106620/selain-meredakan-batuk-ketahui-manfaat-madu-dan-lemon-untuk-tubuh

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.