Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Hadirkan Warna Pastel ke Dalam Rumah

KOMPAS.com— Warna-warna lembut yang dihadirkan ke dalam rumah akan menambah kesan tenang dalam hunian. Untuk menghadirkannya ke dalam rumah, kamu perlu siasat khusus agar warna-warna ini bisa menyatu dengan baik bersama dengan perabotan dan tema rumah yang sudah ada.

Lalu bagaimana cara menghadirkan warna pastel ke dalam rumah? Berikut tipsnya.

1. Mulai dari detail

Jika kamu tidak ingin menggunakan warna pastel di seluruh rumah, kamu bisa memulainya dengan detail kecil. Seperti menggunakan sarung bantal sofa berwarna lembut.

Perabotan berwarna pastel juga akan menjadi sorotan di ruangan sederhana dengan dinding putih.

Selain itu, meletakkan perabotan dan furnitur dengan tepi emas dan baja dapat membuat ruangan tampak anggun. Misalnya saja warna rose gold dan pastel yang kontras sangat cocok, dan bingkai metal yang tipis terasa ringan saat dipadukan dengan warna pastel lembut untuk menambah sentuhan akhir.

2. Tumpuk untuk membangun lapisan

Selain memiliki item warna pastel dalam detail kecil, memiliki tone warna pastel di area yang luas menciptakan kesan anggun yang berbeda.

Warna lembut seperti krem, pink dan hijau mint, bisa coba kamu hadirkan dalam kamar. Dikombinasikan dengan penggunaan beberapa pola yang berani, kamar tidurmu akan terlihat penuh warna namun tetap elegan.

3. Pencocokan warna komplementer

Pencocokan warna yang saling melengkapi satu sama lain selalu menarik untuk diperhatikan.

Contohnya, memilih walpaper dengan corak bunga-bunga atau hewan dengan sentuhan warna peach, lalu coba mencari perabotan dengan warna peach yang saling melengkapi.

Untuk menciptakan ruangan dengan kesan lembut, warnanya harus serasi, jadi gunakan tone warna pastel yang sama di seluruh ruangan dan menggunakan pola yang serasi satu sama lain.

4. Pilih warna-warna hangat

Ada banyak tingkatan warna nada pastel. Beberapa warna terkesan lebih hidup dan beberapa lebih elegan. Jika kamu ingin menggunakan rona pastel yang elegan, pilih yang lebih hangat dan lembut di antara dua warna serupa.

Jika kamu menyukai warna baby pink tetapi ragu apakah cukup dewasa, kamu bisa memilih warna baby pink yang lebih lembut. Ini akan lebih elegan dari warna pink seperti sepatu balet. Contoh lain adalah bahwa biru lebih dewasa daripada biru muda.

5. Aksesoris warna pastel

Peralatan makan dan dekorasi kecil adalah area yang ideal untuk memiliki sentuhan warna pastel. Menempatkan piring kaca atau keramik bernuansa pastel di atas meja dapat menghadirkan sedikit dinamika pada meja.

Tambahkan peralatan makan bernuansa pastel sesuai gaya rumah yang diinginkan. Peralatan makan bernuansa pastel bergaya Victoria akan menonjolkan nuansa retro, sedangkan peralatan makan bernuansa pastel yang modern dan sederhana akan menambah kesan hidup.

Rona pastel lebih hidup daripada warna lain yang terkesan dingin. Warna pastel juga meninggalkan kesan lebih lembut dari warna cerah dengan saturasi tinggi.

Ini sangat tepat dan indah untuk digunakan di rumah. Nada pastel dengan warna berbeda dapat memunculkan suasana rumah yang berbeda.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/19/130744620/5-cara-hadirkan-warna-pastel-ke-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke