Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Punya Banyak Tempat, Cobalah Berkebun Vertikal

KOMPAS.com - Menanam tanaman dalam ruangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas udara. Selain itu, tanaman juga mampu memperindah ruangan dan menenangkan suasana hati.

Sayangnya tak semua orang memiliki tempat yang luas untuk menanam. Namun, sebaiknya permasalahan ini tak menghalangi keinginanmu untuk mencoba menghadirkan warna hijau di rumah.

Kamu bisa mencoba tetap bertanam dengan sistem vertikal. Banyak istilah untuk bercocok tanam secara vertikal ini, mulai dari taman vertikal, dinding hijau, dinding hidup, hingga dinding lumut.

Taman vertikal pada dasarnya mengatur tanaman secara vertikal, baik dengan bantuan rak, kait, atau penyangga yang dibuat khusus untuk itu.

Salah satu sistem paling maju untuk vertical gardening adalah menggunakan sistem hidroponik, yang merupakan proses menumbuhkan tanaman yang kaya nutrisi, tanpa tanah.

Berkebun hidroponik telah dipraktikkan oleh manusia sejak zaman Raja Nebukadnezar.

Panel hidroponik dapat berdiri sendiri atau dipasang ke dinding, dan merupakan alternatif yang baik dan hemat ruang untuk tanaman pot tradisional.

Selain hidroponik, taman vertikal dapat dibuat dari pot kecil berisi tanah, rak sepatu kanvas, kotak tangga, atau kaleng kopi daur ulang. Namun, bagimana cara membuat dan memelihara taman vertikal ini?

1. Bisakah membuat taman vertikal sendiri?

Modal untuk membuat kebun vertikal ini juga cukup murah dan bisa disesuaikan dengan budget yang kamu sediakan.

Kamu bisa menggunakan kaleng, pot tanah liat, media kayu khusus, hingga pipa paralon. Atau, kamu bisa membuat rak seperti tangga yang menempel di dinding dari bawah hingga atas.

Jika kamu tak ingin menggunakan sistem hidroponik dalam taman vertikalmu, kamu bisa menggunakan tanah dan pot seperti saat menanam di tempat datar.

Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana taman vertikalmu harus mendapatkan matahari yang cukup dan mudah disiram. 

2. Tanaman apa yang paling cocok untuk taman vertikal?

Taman vertikal yang diletakkan di luar ruang kebanyakan berisi lumut, tanaman merambat, atau tanaman lain yang lebih besar dan tumbuh lebih cepat.

Taman vertikal luar ruangan cenderung tumbuh lebih baik karena mendapat sinar matahari langsung. Sedangkan jika berada di dalam ruang, harus diperhatikan agar tanaman mendapat sinar matahari.

Untuk tanaman dalam ruangan, kamu bisa mencoba tanaman sukulen. Jenis ini adalah tanaman dengan perawatan yang mudah dan hanya membutuhkan sedikit air.

Selain itu, ada berbagai macam sukulen dengan warna-warna yang cerah. Sehingga jika diletakkan dalam ruangan, tanaman ini akan memberikan kesegaran. 

3. Bagaimana memelihara taman vertikal?

Oleh karena itu banyak orang menggunakan sistem irigasi yang memungkinkan air mengalir ke seluruh bagian tanaman.

Sementara jika kamu tidak memiliki sistem penyiraman, kamu bisa menggunakan es batu yang diletakkan dalam pot untuk menyirami tanamanmu.

Selain menyiram tanaman secara teratur, kamu juga perlu memasukkan nutrisi ke dalam tanah dari waktu ke waktu.

Kompos dan pupuk organik akan memberi hasil yang baik untuk kebun vertikal bermedia tanah. Jika memiliki hidroponik, kamu dapat membeli pupuk cair untuk dicampur ke dalam aliran air.

Kamu juga harus memangkas dan membuang daun-daun yang mati agar tanaman dapat tumbuh kembali dengan baik.

Prinsip berkebun vertikal sebenarnya sama dengan berkebun biasa, hanya bentuknya saja yang dibuat vertikal. Jadi tidak perlu pusing kan?

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/20/083109320/tak-punya-banyak-tempat-cobalah-berkebun-vertikal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke