Salin Artikel

Cara Menghilangkan Noda Kopi dan Teh dari Mug Kesayangan

KOMPAS.com - Mug kesayangan seringkali ternoda karena kebiasaan kita minum kopi dan teh. Noda yang ditinggalkan membuat mug tak lagi sedap dipandang dan terkesan kotor.

Noda yang susah hilang di mug ini terjadi karena tanin, senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan yang memberi rasa pahit dan pekat. Sehingga, bila cairan kopi dan teh terlalu lama di dalam mug, noda tak akan hilang dengan sekali cuci.

Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa metode yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda pada mug kesayanganmu.

1. Rendam dengan sabun

Sabun cuci piring diformulasikan untuk mengangkat noda sehingga bisa menjadi langkah pertama untuk menghilangkan noda kopi dari mug.

Teteskan sedikit sabun ke dalam mug, tambahkan air hangat secukupnya untuk menutupi noda, dan aduk campuran.

Biarkan cairan itu di dalam mug beberapa menit hingga meresap. Setelah itu, gosok-gosok mug dengan spons lembut dan bilas sampai bersih.

2. Gosok dengan baking soda

Jika sabun tidak berhasil, cobalah membersihkan noda dengan soda kue. Taburkan sekitar 1 sendok teh baking soda di atas noda dan tambahkan sedikit air.

Gosok noda dengan spons lembut dan lembap. Sifat soda kue yang lembut dan abrasif membantu mengangkat noda kopi atau teh dari permukaan.

Setelah selesai menggosok, beri sabun pada mug dan bilas sampai bersih untuk menghilangkan sisa soda kue.

3. Cuka

Selanjutnya, kamu bisa mencoba membersihkan dengan cuka. Campurkan cuka dengan air yang sangat panas, lalu biarkan campuran berada di dalam mug selama 10 menit.

Setelah direndam, gosok noda menggunakan sabun cuci piring dan spons lembut, lalu bilas.

Membersihkan mug logam atau stainless steel

Beberapa mug travel memiliki interior stainless stell. Bahan ini bagus untuk menjaga minuman tetap hangat dan untungnya cukup mudah dibersihkan.

Metode pembersihan sabun, soda kue, dan cuka dapat digunakan pada baja tahan karat.

Namun, mug berbahan periuk buatan tangan dan porselen halus memerlukan perhatian ekstra. Hindari pembersih yang bersifat abrasif dan ikuti pedoman pengrajin atau produsen untuk membersihkannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/22/074331320/cara-menghilangkan-noda-kopi-dan-teh-dari-mug-kesayangan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.