Salin Artikel

Bagaimana Teh Hijau Bisa Bantu Atasi Jerawat?

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat membantu mengatasi jerawat ringan hingga sedang.

Meski penelitian tentang kegunaan teh hijau untuk mengatasi jerawat masih terbatas, tapi jenis teh ini terbukti memberikan sejumlah manfaat.

Simak ulasan berikut ini.

1. Mengurangi peradangan

Teh hijau kaya akan katekin. Dari empat katekin utama, epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau telah terbukti bermanfaat dalam mengobati jerawat dan rosacea.

EGCG bekerja dengan mengurangi peradangan. Dalam suatu penelitian, penggunaan losion yang mengandung dua persen teh hijau dapat mengurangi peradangan jerawat.

EGCG adalah antioksidan kuat yang memiliki sifat imunomodulator dan fotoprotektif. Selain itu, EGCG juga memiliki sifat anti-inflamasi.

2. Mengurangi produksi sebum

Produksi sebum berlebih adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Penggunaan teh hijau secara topikal dapat membantu mengurangi sekresi sebum dan mengobati jerawat.

Suatu penelitian terhadap 22 pria sehat dan bebas rokok melihat efek penggunaan ekstrak teh hijau sebanyak lima persen secara topikal selama 60 hari.

Para peneliti menemukan, penurunan yang signifikan dalam sekresi sebum.

Minum teh hijau juga dapat membantu mengurangi produksi sebum dan mengendalikan jerawat.

3. Mengurangi jerawat

Kandungan polifenol dalam teh hijau adalah antioksidan yang kuat. Suatu uji klinis menemukan, penggunaan losion yang mengandung dua persen teh memberikan efek terapeutik pada lesi (jaringan upnormal pada tubuh) jerawat.

4. Mengurangi bakteri penyebab jerawat

Suatu penelitian selama delapan minggu menemukan, EGCG dapat membantu mengurangi jerawat dengan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes.

Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efektivitas dan manfaat teh hijau untuk jerawat.

Selain itu, penggunaan teh hijau atau pengobatan rumahan lainnya mungkin tidak memberikan dampak untuk jerawat kistik dan hormonal. Perawatan dokter tetap diperlukan.

Pengobatan rumahan

Sementara itu, penggunaan teh hijau untuk mengatasi jerawat dapat dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki jerawat ringan hingga sedang.

Berikut beberapa cara memanfaatkan teh hijau untuk mengatasi jerawat.

1. Madu dan teh hijau

Madu memiliki sifat antimikroba dan penyembuhan luka. Kombinasi dengan teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes dan membantu mengurangi jerawat.

Caranya rendam rendam kantung teh hijau dalam air panas selama sekitar tiga menit. Kemudian keluarkan dan biarkan hingga dingin.

Setelah itu, buka kantung dan ambil ekstrak daunnya. Lalu tambahkan madu ke daunnya.

Selanjutnya cuci wajah dengan bersih. Setelah kering, oleskan campuran madu dan teh hijau ke wajah, biarkan selama sekitar 20 menit.

Terakhir, bilas dengan air dingin dan keringkan. Lakukan kebiasaan ini 3-4 kali seminggu.

2. Cuka apel dan teh hijau

Cuka apel adalah pengobatan rumahan untuk berbagai masalah kulit karena dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Selain itu, cuka apel dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit. Campuran cuka apel dan teh hijau dapat digunakan sebagai toner wajah.

Cara membuat ramuannya, seduh teh hijau sebanyak tiga per empat cangkir dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan ¼ cangkir cuka sari apel.

Selanjutnya tuangkan ke dalam toples kaca dan simpan di lemari es. Setelah itu, cuci wajah hingga bersih dan keringkan.

Lalu, basahi kapas dengan campuran cuka apel dan teh hijau yang telah didinginkan. Oleskan ke wajah, biarkan mengering. Ulangi dua kali sehari.

3. Lidah buaya dan teh hijau

Lidah buaya memiliki efek anti jerawat pada kulit. Kandungan mucopolysaccharides yang ada di dalamnya membantu menjaga kulit terhidrasi.

Kandungan itu mengikat kelembapan pada kulit.

Selain itu, mucopolysaccharides juga menstimulasi fibroblas yang memproduksi kolagen dan elastin untuk menjaga kulit awet muda dan kencang.

Cara memanfaatkannya seduh dua kantong teh hijau dalam secangkir air mendidih. Biarkan larutan menjadi dingin.

Setelah itu, campurkan teh hijau dingin dan gel lidah buaya, tuangkan ke dalam toples kaca untuk disimpan di lemari es.

Cuci wajah hingga bersih dan kemudian basahi kapas dengan campuran. Lalu oleskan kapas ke wajah, biarkan mengering, dan akhiri dengan memakai pelembap.

4. Lemon dan teh hijau

Perasan lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat uang memiliki sifat astringennya.

Manfaatnya dapat mengencangkan pori-pori kulit dan memiliki sifat pemutihan ringan.

Bersama dengan teh hijau, jus lemon dapat membantu menjaga kulit bebas dari jerawat.

Namun, kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Jadi jangan lupa pakai tabir surya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh seperempat cangkir teh hijau dan biarkan dingin. Kemudian campurkan dengan perasan lemon, lalu simpan di lemari es.

Cuci wajah hingga bersih dan keringkan. Selanjutnya basahi kapas dengan campuran dan oleskan ke wajah. Biarkan hingga mengering dan akhiri dengan memakai pelembap.

5. Minyak Zaitun dan teh hijau

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan terbaik untuk membersihkan minyak, sisa riasan, dan kotoran tanpa mengganggu keseimbangan alami kulit.

Kombinasi minyak zaitu dan teh hijau dapat membantu menenangkan jerawat serta mengurangi peradangan.

Caranya, seduh teh hijau dan biarkan dingin. Tuang teh hijau yang sudah dingin ke dalam botol semprot. Lalu pijat wajah dengan minyak zaitun dan biarkan selama beberapa menit.

Kemudian bersihkan wajah dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Lantas cuci wajah dengan pembersih wajah dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk.

Terakhir, semprotkan teh hijau ke wajah hingga mengering. Lakukan kebiasaan ini setiap hari.

Tips memilih

Memilih teh hijau yang tepat dengan tingkat antioksidan tertinggi, terutama EGCG terbilang rumit. Kandungan antioksidan bervariasi di setiap mereknya.

Sebelum memilih teh hijau, sebaiknya lakukan sedikit riset. Periksa label merek dan lihatlah kandungan EGCG. Pilih merek yang kandungan EGCG paling tinggi.

Daun lepas memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dibandingkan kantong teh. Namun, jika tidak dapat menemukannya, pilih kantung teh dengan kandungan EGCG tertinggi.

Teh hijau memiliki umur simpan hanya enam bulan. Jadi pastikan pilih teh hijau yang segar dan usahakan yang organik.

Perlu diingat, meskipun bermanfaat untuk kesehatan dan mengurangi jerawat, teh hijau tidak bisa dijadikan satu-satunya pengobatan.

Terutama jika jerawat yang timbul adalah jerawat kistik atau hormonal. Pengobatan rumahan dengan teh hijau mungkin tidak berhasil.

Tetap berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan resep dan metode pengobatan yang tepat.

/articles/simple-ways-in-which-green-tea-can-help-reduce-acne/

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/25/125436820/bagaimana-teh-hijau-bisa-bantu-atasi-jerawat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.