Salin Artikel

Langkah Mudah Bikin Kulit Lebih Cerah

KOMPAS.com - Memiliki kulit wajah yang cerah adalah impian banyak orang. Tapi tentu untuk mendapatkannya perlu usaha terutama dari segi perawatan kulit dan gaya hidup.

Rutinitas perawatan dan gaya hidup yang tepat dapat memperbaiki tampilan kulit wajah, terutama untuk menyamarkan noda kehitaman akibat bekas jerawat atau paparan sinar ultraviolet. Kuncinya adalah rutin melakukannya.

Berikut langkah perawatan kulit wajah yang tepat.

1. Ketahui jenis kulit

Mengetahui jenis kulit sangat penting agar bisa memilih produk perawatan dan riasan yang tepat. Setidaknya ada empat lima kulit wajah yakni kering, berminyak, kombinasi, normal dan sensitif.

Ciri kulit kering adalah terasa kencang, bersisik, dan kering. Kemudian kulit berminyak ditandai dengan T-zone yang berminyak dan wajah terlihat berkilau.

Sedangkan kulit kombinasi cirinya T-zone berminyak tapi area pipi dan rahang kering. Lalu kulit normal biasanya tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

Terakhir untuk kulit sensitif ditandai dengan mudah berubah menjadi merah, meradang, serta gatal.

2. Rutin melakukan CTM

CTM adalah singkatan dari cleansing, toning, dan moisturizing atau membersihkan wajah, memakai toner, dan memakai pelembap.

Menjalankan rutinitas CTM setiap harinya sangat penting untuk membersihkan dan melembapkan kulit dengan benar.

Setelah mengetahui jenis kulit, pilihlah pembersih, toner, dan pelembap yang sesuai. Lakukan rutinitas CTM dua kali sehari di pagi dan malam hari.

Direkomendasikan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan pencerah kulit seperti ekstrak biji anggur, asam azelaic, asam kojic, hidrokuinon, dan ekstrak mulberry.

Kandungan-kandungan tersebut akan membantu kulit tampak cerah dengan lebih cepat.

3. Eksfoliasi

Malas melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit membuat sel-sel mati terus menumpuk di permukaan wajah. Akibatnya wajah tampak kusam dan tidak merata.

Cobalah rutin melakukan eksfoliasi menggunakan eksfoliator fisik (scrub wajah) atau eksfoliator kimiawi (asam wajah).

Jika memilih menggunakan eksfoliator fisik, pastikan tidak terlalu keras untuk kulit. Gunakan eksfoliator yang memiliki partikel sangat halus atau seperti butiran bulat.

Sedangkan jika menggunakan eksfoliator kimiawi, pilih produk yang mengandung AHA dan BHA (asam alfa dan beta hidroksi).

AHA tidak menembus jauh ke dalam kulit dan ringan, membuatnya sempurna untuk pemula. Sedangkan BHA mengelupas permukaan kulit dan membersihkan pori-pori.

AHA dan BHA juga ditemukan dalam serum, toner, masker, dan produk lainnya. Apabila baru mengenal asam kulit, makanlebih baik gunakan dengan hati-hati.

Untuk pemula, AHA seperti asam laktat dan asam mandelat cocok digunakan karena ringan. Satu hal yang perlh diingat, saat menggunakan eksfoliator kimiawi, ikuti instruksi ada.

Jangan melakukan eksfoliasi berlebihan karena malah dapat merusak kulit.

4. Gunakan masker peeling

Setiap seminggu sekali, gunakan masker peeling. Jenis masker ini dapat menghaluskan dan meratakan warna kulit karena menyingkirkan lebih banyak sel kulit mati.

Pilih masker peeling yang mengandung enzim buah alami seperti nanas atau pepaya. Atau bisa juga masker peeling dengan kadar asam glikolat rendah.

Penggunaan masker peeling adalah rutinitas perawatan kulit terbaik untuk kulit bercahaya.

5. Pilih produk dengan berbagai manfaat

Sebaiknya pilih produk yang menawarkan banyak manfaat. Misalnya, pelembap yang memiliki sifat anti-penuaan dan pencerahan.

Bisa juga krim yang mengurangi noda hitam dan meratakan warna kulit. Atau produk yang mengandung retinoid (vitamin A).

Produk dengan retinol topikal telah terbukti secara klinis mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus, meningkatkan sintesis kolagen, serta memperkuat matriks kulit.

Sebelum menggunakan produk yang mengandung retinol, jangan lupa lakukan uji tempel untuk melihat reaksi kulit.

6. Uapi

Langkah berikutnya untuk mencerahkan kulit wajah adalah menguapinya selama beberapa menit. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Ini membantu membersihkan pori-pori, menghilangkan kotoran, membantu kulit berkeringat, dan mengeluarkan racun.

7. Gunakan tabir surya

Hal terpenting dari perawatan kulit adalah penggunaan tabir surya yang mampu melindungi kulit dari sinar UV.

Jangan pernah lupa untuk mengoleskan tabir surya sebelum keluar rumah. Oleskan kembali tabir surya setiap 2 jam saat berada di luar ruangan.

Perubahan gaya hidup

Selain rutin merawat kulit, perubahan gaya hidup juga penting untuk membuat kulit lebih cerah. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya.

1. Minum banyak air

Minum lebih dari dua liter air setiap hari terbukti melembapkan kulit dan secara signifikan meningkatkan kesehatan serta penampilannya.

2. Olahraga

Olahraga meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Pada gilirannya ini membuat oksigen bergerak ke seluruh tubuh dan dapat menciptakan kulit yang lebih bersih.

3. Tidak mengonsumsi gula dan makanan olahan

Kue, permen, cupcake, dan cola mungkin terdengar menggoda. Tetapi menghindari gula dan makanan olahan mampu menjaga kesehatan tubuh serta kulit.

Meskipun hubungan antara pola makan dengan kesehatan kulit membutuhkan penelitian lebih lanjut, intervensi diet dapat membantu mengurangi beberapa masalah kulit. Contohnya jerawat dan penuaan kulit.

Misalnya, asupan gula yang tinggi dapat mempercepat tanda-tanda penuaan karena meningkatkan ikatan silang serat kolagen.

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti roti putih, nasi, dan gula, dapat meningkatkan peradangan kulit.

Oleh karenanya, konsumsilah makanan rendah GI seperti buah dan sayuran dan kurangi asupan gula untuk memperbaiki penampilan kulit.

4. Makan semua warna

Sayuran dan buah-buahan berwarna kaya akan nutrisi. Selain itu, makanan tersebut merupakan sumber vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Sayur dan buah-buahan kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, menjaga tingkat hidrasi, serta meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/25/170024420/langkah-mudah-bikin-kulit-lebih-cerah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.