Salin Artikel

Mengapa Wajib Punya Laci Khusus untuk Menyimpan Barang Penting

KOMPAS.com - Salah satu penyebab rumah sering terllihat berantakan adalah banyak barang-barang kecil berserakan. Gunting, selotip, atau pulpen. Karenanya kita butuh satu tempat khusus untuk menampung barang-barang kecil tapi penting tersebut.

Kita dapat menyiapkan satu laci khusus yaitu junk drawer atau "laci sampah" di rumah. Walau namanya "sampah" tetapi barang yang disimpan itu sebenarnya penting dan cuma dipakai sewaktu-waktu, seperti gunting, lem, gunting kuku, dan banyak lagi.

Tidak perlu membeli satu laci khusus, kita dapat memeriksa laci atau rak penyimpanan di rumah yang sudah dipenuhi barang, lalu mulailah mengosongkannya. Pilah-pilah barang yang masih bisa dipakai atau harus dibuang.

Kertas atau berkas lama, dan benda lain yang sudah tidak dapat digunakan sebaiknya dibuang. Tujuannya agar memberi ruang lebih pada laci, serta memudahkan kita untuk mencari barang yang diperlukan.

Berikut daftar benda yang harus disimpan di dalam junk drawer:

- Gunting

- Obeng kecil

- Pena pembersih noda (stain remover pen)

- Cutter

- Pita pengukur

- Senter

- Lem

- Pena dan pensil

- Notepad

- Korek api

Memilih drawer/laci yang tepat

Laci yang berukuran besar mungkin bermanfaat untuk menyimpan banyak barang, namun sebaiknya hindari laci besar dengan banyak ruang. Sebab, dengan ruang yang lebih banyak, kita tergoda untuk menimbun barang-barang yang bahkan jarang kita gunakan.

Padahal, kita ingin agar barang yang sering dipakai mudah ditemukan.

Pilih drawer yang berukuran kecil, sehingga kita lebih bijak dalam menentukan benda apa saja yang akan disimpan di drawer atau laci tersebut.

Mengatur laci agar tetap rapi

Untuk menambah ruang, kita perlu menyingkirkan barang-barang seperti buku catatan yang sudah diisi atau buku tebal. Selain itu, pikirkan benda-benda yang akan disimpan di laci.

Jangan lupa mengatur laci dengan memberi pembatas agar laci tetap rapi. Kita bisa lebih mudah mencari benda jika kita mengelompokkan benda tersebut berdasarkan ukurannya.

Memeriksa laci secara berkala

Terkadang kita lupa memasukkan benda non-esensial ke dalam drawer, seperti kertas atau undangan pernikahan.

Oleh karena itu, ada baiknya memeriksa laci secara berkala dan membuang kembali benda yang tidak seharusnya disimpan di laci.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/28/154344420/mengapa-wajib-punya-laci-khusus-untuk-menyimpan-barang-penting

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.