Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Makanan Pembakar Lemak Ketika Sedang Diet

KOMPAS.com— Seperti yang kita tahu, latihan interval dengan intensitas tinggi (HIIT) adalah pilihan terbaik untuk menghilangkan lemak perut dan menurunkan berat badan. Namun, tak kalah penting adalah mengatur pola makan.

Memberi tubuh nutrisi mikro dan makro yang tepat, sangat penting untuk menghancurkan lemak dari tubuh.

Diet khusus, seperti diet keto atau puasa intermiten, dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi juga terasa sangat mengekang.

Namun, dengan menerapkan beberapa pertukaran makanan yang mudah, kamu dapat meningkatkan efisiensi penurunan berat badan secara signifikan.

Ollie Ollerton, mantan tentara SAS (Special Air Service of the British Army) dan pendiri Battle Ready 360 sebuah program kebugaran, kesejahteraan, dan nutrisi, untuk berbagi daftar makanan pembakar lemak terbaik dan juga beberapa tip tentang cara mengonsumsinya.

“Apakah latihan (yang kamu jalani) berdampak rendah atau berat, tubuh akan membutuhkan makanan tertentu untuk melakukan yang terbaik,” ujar Ollie.

Ollie menambahkan, ada beberapa makanan yang akan membantu menurunkan berat badan tanpa harus mengonsumsi pil diet.

Berikut adalah tujuh jenis makanan yang bisa bantu membakar lemak:

1. Telur

Telur adalah makanan yang enak karena banyak alasan. Tidak hanya menjadi sumber protein, telur juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori selama proses pencernaan.

Membantu memberi perasaan kenyang yang lebih lama, telur juga memelihara, membangun dan memperbaiki otot. Telur bisa kamu jadikan sebagai camilan pasca berlatih di gym.

Ollie menyarankan untuk mengonsumi telur yang direbus, karena proses ini membuat telur lebih sehat.

2. Teh hijau

Minuman sehat ini sarat dengan antioksidan dan dikenal dapat meningkatkan metabolisme, membakar lemak, dan mendukung penurunan berat badan.

Tambahkan beberapa cangkir teh ke dalam rutinitas harian dan tubuh akan merasakan manfaatnya.

Tip dari Ollie minumlah secangkir sebelum berolahraga untuk menambah energi dan membantu membakar lebih banyak kalori.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau, seperti kangkung, daun singkong, dan bayam, dapat mendukung kesehatan tulang, membantu kesehatan usus, dan meningkatkan enzim pencernaan.

Selain bisa mengurangi kembung, bayam juga akan menambahkan serat dan nutrisi lain seperti zat besi ke dalam makanan sehingga tubuh akan berkembang. Sehingga saat berolahraga tubuh akan mampu bekerja lebih baik.

Selain itu, bayam dan kangkung juga memiliki kemampuan untuk membakar lemak.

Tips dari Ollie, jika kamu bukan penggemar sayuran hijau ini namun tak terlalu suka rasanya, kamu bisa membuatnya jadi smoothie, kari, rebusan, atau bahkan telur dadar.

4. Alpukat

Lemak baik dalam buah ini cukup membantu membakar lemak tidak sehat di tubuh.

Alpukat sangat enak dimakan sebagai bahan salad dan smoothie, alpukat dapat ditambahkan ke makanan apa pun.

Alpukat mengandung magnesium dan bagus untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga keseimbangan gula darah dan mengurangi lemak perut.

5. Buah berries

Sumber utama serat yang juga mengandung antioksidan, berry digolongkan sebagai buah super. Itulah mengapa berry disebut mampu meningkatkan metabolisme.

Blueberry, raspberry, goji berry, dan blackberry semuanya mengandung banyak vitamin dan mineral, menjadikannya tambahan yang bagus untuk sarapan atau sebagai camilan bergizi.

Tip dari Ollie, tambahkan buah berries ke yogurt, smoothies atau bubur.

6. Ikan berlemak

Ikan berlemak tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Deretan ikan yang memilki lemak diantaranya, salmon, cod, tuna, sarden, dan makarel yang mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal dapat mengurangi peradangan dan membantu menghilangkan lemak tubuh.

Terlebih, ikan berlemak penuh dengan protein berkualitas tinggi, yang penting untuk kebutuhan nutrisi semua orang, apalagi jika kamu berolahraga secara teratur.

Tip dari Ollie, makanlah ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Cabai rawit

Di Indonesia, makanan pedas seakan menjadi menu wajib. Rupanya, cabai rawit yang membuat rasa pedas pada makanan, mengandung antioksidan untuk membantu mengurangi peradangan.

Selain itu, cabai juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori yang pada akhirnya akan menghilangkan lemak tubuh. 


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/29/101936620/7-makanan-pembakar-lemak-ketika-sedang-diet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke