Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semangat Fesyen Berkelanjutan dari Industri Ritel Pakaian

Berbagai laporan menyebutkan, industri tekstil berkontribusi terhadap emisi karbon dunia, pencemaran air oleh industri, sampah plastik, dan isu ketimpangan dalam upah buruh.

Demi menyeimbangkan itu semua, berbagai perusahaan telah melakukan beberapa upaya untuk mencegah kerusakan lingkungan dan memastikan keadilan dalam pemanfaatan tenga kerja.

Peritel fesyen asal Jepang, Fast Retailing yang merupakan perusahaan induk Uniqlo, termasuk dalam perusahaan ritel fesyen yang merespon perubahan tersebut.

Setiap tahun perusahaan yang memiliki ribuan toko di seluruh dunia ini menerbitkan laporan inisiatif yang sudah dijalankannya dalam isu keberlanjutan.

Dalam media briefing Sustainability Report 2021 yang disampaikan secara virtual, Presiden & CEO Fast Retailing Group, Tadashi Yanai, mengatakan laporan ini menegaskan komitmen perusahaan untuk mewarisi dunia yang positif bagi generasi selanjutnya.

“Bagaimana kita bisa mewarisi dunia yang positif? Jenis kegiatan ekonomi apa yang membukakan jalan untuk menuju dunia yang lebih positif? Masalah-masalah ini tidak bisa diselesaikan satu pihak saja, butuh kerjasama semua untuk upaya berkelanjutan,”kata Yanai (2/2/2021).

Dalam laporan itu juga disebutkan filosofi dari Uniqlo untuk menciptakan pakaian dengan nilai-nilai yang baru dan unik, dan membuat konsumennya merasa bahagia dan puas saat mengenakan pakaian itu, tanpa mengabaikan isu sosial dan lingkungan.

Lewat laporan yang bisa diakses secara online di situs perusahaan ini, Yanai berharap para konsumennya semakin memahami visi perusahaan, serta percaya dan tenang dalam membeli produk-produknya.

Beberapa inisiatif yang dilaporkan antara lain memastikan material yang dipakai berasal dari sumber-sumber yang bisa dipertanggung jawabkan, seperti katun, wool, atau pun tak memanfaatkan bulu binatang untuk setiap produk pakaian musim dingin.

Fast Retailing Group juga melaporkan inisiatif yang sudah dilakukan selama 20 tahun terakhir dalam merespon perubahan iklim, isu energi, hingga program donasi untuk mendukung para pengungsi dan korban bencana alam di seluruh dunia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/02/183544220/semangat-fesyen-berkelanjutan-dari-industri-ritel-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke