Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Anjing Ungkapkan Kesedihannya

KOMPAS.com - Anjing memiliki berbagai emosi yang biasanya diungkapkan. Mulai dari kebahagiaan, frustasi, cinta, kebosanan, kegembiraan, kesedihan, dan kesetiaan.

Hal itu dikatakan oleh Linda Simon, dokter hewan berlisensi dan konsultan kedokteran hewan di ThePets.

"Hewan tersebut mempunyai cara untuk mengungkapkan setiap perasaan itu," sebut Simon.

Namun pertanyaannya, apakah seekor anjing akan menangis untuk mengungkapkan kesedihannya?

Menurut Simon, tangisan bukanlah ungkapan kesedihan bagi seekor anjing.

Pelatih anjing veteran serta pendiri Your Dog Advisor, Jen Jones, juga setuju dengan pendapat Simon.

"Orang-orang suka 'memanusiakan' hewan berkaki empat yang menjadi teman kita. Meskipun menyenangkan menganggap anjing berpikir seperti manusia, itu tidak terjadi pada anjing," kata Jones.

Menurutnya, anjing tidak serumit manusia, terutama dalam hal emosi.

Berbagai hal yang membuat anjing sedih

Anjing akan merasa sedih karena berbagai alasan yang sama seperti manusia, seperti rasa sakit, kesepian, kehilangan, dan kesedihan, kata Simon.

Sebagian besar anjing biasanya bersedih dalam waktu singkat, namun terkadang anjing juga dapat mengalami kesedihan mendalam untuk waktu lama.

Misalnya, ketika seekor anjing kehilangan pemiliknya yang meninggal dunia, maka anjing tersebut akan menunggu dengan setia di kuburan sang pemilik selama berhari-hari, atau bahkan lebih dari itu.

Sumber kesedihan lain pada anjing adalah rasa kasihan yang dimiliki anjing kepada tuannya.

Di saat kita sebagai pemilik anjing merasa sedih, maka anjing juga mengungkapkan kesedihan, meskipun ia tidak mengerti alasan di balik kesedihan kita, kata Jones.

Jones berpendapat, anjing lebih cerdas secara emosional, terutama dalam hal membaca perasaan orang-orang di sekitarnya.

"Anjing sangat tertarik pada perasaan, emosi, ekspresi wajah, dan bahkan kesehatan kita," tutur dia.

"Meskipun anjing tidak dapat mengungkapkan kesedihan atau memikirkannya dengan cara yang rumit seperti manusia, hewan itu pasti memahami dan merasakan lebih dari yang mungkin kita sadari."

Arti di balik air mata anjing

Mungkin saja kita pernah memerhatikan anjing peliharaan mengeluarkan air mata, dan terkadang hewan tersebut juga tampak sedih di saat yang sama.

Akan tetapi, manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang menangis karena emosi, ujar Simon.

Air mata yang keluar dari anjing bukanlah pertanda bahwa ia menangis sedih. Mirip dengan manusia, mata anjing akan mengeluarkan air mata untuk menjaga agar mata tetap bersih, terlindungi, dan dilumasi.

Saluran air mata anjing memiliki struktur yang berbeda, yang menyalurkan cairan kembali ke tubuhnya, tidak menetes ke pipi.

Itu artinya, jika kita melihat anjing peliharaan mengeluarkan air mata, kita harus membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa.

Menurut Simon, anjing yang mengeluarkan air mata menandakan adanya saluran air mata yang tersumbat, alergi, sesuatu di mata, infeksi, atau cedera pada mata anjing.

Cara anjing mengekspresikan kesedihan

Anjing memiliki cara khas saat mengekspresikan kesedihan, menurut Jones.

1. Merintih

Ini adalah salah satu cara pertama anjing belajar berkomunikasi, karena anjing secara naluriah menggunakan suara ini untuk "berteriak" kepada induknya.

Setelah dewasa, anjing bisa saja menggunakan rintihan atau rengekan untuk berkomunikasi dengan kita, terutama jika kita memberikan respons.

2. Gemetar

Beberapa anjing akan gemetar saat ketakutan, terutama sebagai respons atas teguran atau sesuatu yang membuatnya takut.

3. Bersembunyi

Anjing yang sensitif karena sedih kemungkinan akan bersembunyi di tempat yang dianggapnya aman, seperti di dalam kandang atau di bawah tempat tidur. Atau, jika hewan peliharaanmu merasa gelisah, anjing akan menunjukkan perilaku yang sama.

4. Ingin dipeluk lebih sering

Banyak anjing akan mencari kenyamanan dari manusia saat anjing sedih. Hal ini sering terjadi jika kesedihan anjing terkait rasa sakit, kesepian, atau kebosanan. Jika anjing bersikap manja, ada kemungkinan dia merasa sedih.

5. Mengabaikan tuannya

Menghindari kontak mata, tidak mendengarkan perintah, memunggungi kita, atau kabur ke ruangan lain adalah cara-cara yang dilakukan anjing yang kurang sensitif untuk menunjukkan kekesalan atau kesedihannya, kata Simon.

6. Isyarat tertentu

Manusia dan anjing biasanya memiliki ikatan khusus. Jika anjing menunjukkan perilaku atau isyarat yang berbeda dari biasanya, kita harus menyadari apa yang ingin coba dia sampaikan.

Sebagai contoh, anjing secara tiba-tiba membawa benda yang nyaman seperti selimutnya, membuat suara unik, atau melakukan gerakan tertentu dengan kakinya.

Hal paling penting adalah kita sebagai tuannya mampu memahami apa maksud anjing peliharaan, dan memberikan kasih sayang lebih.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/06/104936520/bagaimana-cara-anjing-ungkapkan-kesedihannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke