Salin Artikel

8 Tanaman Hias yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias dapat membawa kesenangan tersendiri bagi sebagian orang. Terlebih saat melihat tanaman tumbuh subur, mood pun rasanya menjadi baik.

Di sisi lain, menurut pakar berkebun David Domoney, ada delapan jenis tanaman hias yang dapat meningkatkan suasana hati.

Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini seperti dilansir ITV.

1. Anthurium scherzerianum

Meletakkan anthurium scherzerianum di dalam ruangan dapat membangkitkan semangat dan memberikan keindahan yang eksotis.

Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah dengan bentuk hati yang agak memanjang dan melengkung ke bawah.

Bila diperhatikan, bunganya mirip dengan paruh burung flamingo. Maka tak heran jika tanaman ini dijuluki flamingo flower. Selain itu, daunnya yang hijau mengkilap juga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Puring

Selanjutnya ada tanaman puring atau croton. Tanaman hias ini memiliki perpaduan warna dan corak daun yang terlihat indah.

Pada daun juga terdapat semburat warna oranye, kuning, dan merah yang kontras. Menaruh tanaman ini di dalam ruangan dapat meningkatkan suasana hati.

3. Tanaman giok

Jade plant atau tanaman giok memiliki daun berbentuk oval dengan warna hijau tua. Tanaman hias ini dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Ukurannya yang kecil membuatnya cocok diletakkan di dalam rumah. Gunakan pot yang cantik untuk menambah pesonanya.

4. Dragon tree

Tanaman ini dikenal dengan daunnya yang panjang dan sempit. Corak daun yang berwarna merah muda membuat tanaman ini terlihat indah.

Memerhatikan daun yang strukturnya mirip seperti telapak tangan dapat terasa menyenangkan.

5. Gardenia

Tanaman ini bisa dikatakan sebagai salah satu tanaman dalam ruangan yang paling indah. Perpaduan bunga putih dengan daun hijau zamrud membuat tanaman ini menarik untuk dipandang. Belum lagi bunganya memiliki aroma yang harum.

6. Flaming katy

Termasuk jenis sukulen, tanaman flaming katy atau kalanchoe berukuran kecil. Daunnya berwarna hijau tua, mengkilap, dan tebal.

Tanaman ini memiliki bunga yang berkelompok dan penuh warna. Mulai dari putih, merah, kuning, jingga, hingga merah muda.

Warna cerah dan detail bunga yang kuat ketika mekar membuat tanaman ini menarik untuk dipandang hingga mampu meningkatkan suasana hati.

7. Anggrek kupu-kupu

Keindahan tanaman ini memang mampu menarik perhatian banyak orang karena tampilannya elegan. Selain itu, perawatannya juga mudah.

Tanaman anggrek kupu-kupu akan berbunga dengan baik bila perawatannya tepat. Bunga anggrek memiliki warna cerah seperti kuning, putih, dan merah.

8. Lidah mertua

Tanaman hias ini juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk meningkatkan suasana hati. Menaruhnya di dalam ruangan dapat menyempurnakan tampilan dekorasi.

Lidah mertua memiliki bentuk yang menarik. Daunnya panjang, lancip, dan berwarna hijau. Namun di bagian pinggir daun berwarna kuning yang berpadu dengan indah.


https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/16/131250320/8-tanaman-hias-yang-bisa-tingkatkan-suasana-hati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.