Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Awet Muda dengan Latihan Yoga Wajah

KOMPAS.com - Kita mungkin tahu tentang manfaat yoga untuk tubuh dan pikiran, tetapi pernahkah kita mendengar tentang yoga wajah?

Yoga wajah awalnya dipopulerkan oleh Fumiko Takatsu yang berbasis di Jepang dan saat ini sudah dipraktikkan di seluruh dunia.

Nah, yoga wajah memiliki banyak manfaat seperti membuat kulit lebih awet muda, kencang, dan bercahaya.

Di samping itu, jika kita melakukannya dengan benar dan teratur, maka yoga wajah dapat membantu kita mencapai keseimbangan pada fitur wajah.

Seorang konten kreator media sosial Christabel Chua (@bellywellyjelly) melihat efek yang positif yoga wajah pada ibunya.

Oleh sebab itu, dia terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut dan menjadi instruktur yoga wajah bersertifikat.

Pada acara mini Glow On yang berlangsung di Capella Singapura, Christabel memimpin peserta melalui sesi yoga wajah selama 30 menit untuk menghilangkan stres dan melepaskan ketegangan pada otot-otot wajah.

Awet muda

Meskipun manfaat yoga wajah berbeda untuk setiap orang, satu hal yang pasti adalah kita akan merasa terlihat lebih muda setelah mempraktikkannya.

"Untuk orang yang lebih muda, ini mungkin lebih tentang pemeliharaan dan kemungkinan tidak akan melihat efek langsung apa pun," ungkapnya.

"Tapi bagi saya, setelah yoga wajah saya merasa lebih rileks dan membantu saya lebih mindful dari hari ke hari," sambung dia.

Yoga wajah ini juga sangat praktis karena kita bisa melakukannya di mana saja tanpa tikar dan pakaian yoga.

Kita bisa melakukannya hanya di depan laptop saat jam istirahat kerja, selama rapat virtual yang membuat kita stres, atau bahkan di toilet jika kita benar-benar kekurangan waktu.

"Sebelum memulai, ingatlah untuk memastikan tangan sudah dibersihkan, wajah telah dilembapkan dengan benar, dan tidak terlalu meregangkan wajah," terangnya.

Christabel juga membagikan gerakan yoga wajah favoritnya yang sangat mudah dilakukan, di mana pun kita berada, seperti yang dilansir dari laman Her World berikut ini.

1. Wow

Wow adalah cara yang sangat baik untuk menghangatkan wajah dan membantu mengendurkan otot wajah.

"Ini adalah gerakan yang sangat mudah. Kita perlu mengulangi kata wow dengan tempo lambat dan cepat 10 kali berturut-turut," jelasnya.

2. Bumble bee

Christabel mengatakan, bumble bee dapat dilakukan dengan sedikit mengerutkan bibir dan menggetarkannya sambil membuat suara senandung.

Kita juga bisa bersenandung dengan lagu favorit yang kita sukai. Hal ini dapat membantu bibir lebih bulat atau montok dan memberi warna pada bibir.

3. Swan neck

Gerakan ini membantu meregangkan leher dan melatih otot leher untuk mengurangi double chin, serta kulit kendur di area leher.

Putar kepala dalam sudut 45 derajat ke kanan atas dan kerutkan bibir ke kanan. Rasakan regangan di kiri depan leher dan tahan selama 5 detik.

"Lakukan di sisi lain juga dan ulangi selama 2 atau 3 kali sehari. Ingatlah untuk tidak mendorong terlalu keras dan selalu bernapas," sarannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/16/133643520/lebih-awet-muda-dengan-latihan-yoga-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke