Salin Artikel

Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Ginjal

KOMPAS.com - Ginjal merupakan organ vital di tubuh kita. Fungsinya menyaring darah untuk menghasilkan urine dan membuang limbah dari tubuh.

Ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang, menstimulasi produksi sel darah merah, dan banyak lagi.

Kendati berperan penting bagi tubuh, kondisi ginjal jarang diperhatikan. Banyak dari kita memiliki pemahaman yang keliru seputar gejala dan pengobatan penyakit ginjal, serta siapa saja orang yang berisiko terkena penyakit tersebut.

Penyakit ginjal termasuk kategori penyakit serius yang harus ditangani secara medis dan diikuti perubahan pola hidup. Jika tidak, fungsi ginjal akan berhenti dan berakibat fatal.

Dr Charlie Tomson, konsultan kesehatan ginjal di Newcastle Hospitals and Kidney Research UK Trustee membagikan berbagai mitos dan fakta yang beredar terkait penyakit ginjal, seperti dikutip dari laman NetDoctor.

1. Mitos: Kita tahu jika kita menderita penyakit ginjal

"Dalam beberapa kasus, penyakit ginjal adalah silent killer," jelas Tomson.

Gejala penyakit ginjal seringkali tidak diketahui hingga penyakitnya sudah memasuki tahapan yang lebih serius.

"Tubuh manusia biasanya mampu mengatasi penurunan fungsi ginjal yang signifikan, dan karena itu masalah pada ginjal tidak selalu terlihat di awal."

Tanda-tanda utama penyakit ginjal yang harus diperhatikan, seperti pergelangan kaki, kaki, atau tangan bengkak, sesak napas, ada darah di urine, kelelahan, sering buang air kecil, atau nyeri punggung di daerah ginjal.

2. Fakta: Ada banyak penyebab penyakit ginjal

Penyakit ginjal memiliki banyak penyebab dan beberapa faktor dapat memicu seseorang untuk mengembangkan penyakit tersebut.

"Dalam beberapa kasus, kondisi jangka panjang yang membebani ginjal seperti tekanan darah yang tidak terkontrol dan diabetes, adalah akar penyebabnya," kata Tomson.

Faktor lain yang bisa memicu penyakit ginjal termasuk batu ginjal yang besar, radang ginjal, dan cedera pada ginjal.

3. Fakta: Penyakit ginjal bervariasi

Sebenarnya ada lima tahap penyakit ginjal, ditentukan oleh seberapa cepat ginjal membersihkan darah.

"Pada tahap pertama dan kedua, ketika penyakit ginjal terdeteksi awal, kondisi pasien dapat membaik setelah minum obat dan mengubah pilihan gaya hidup mereka," sebut Tomson.

"Namun, jika pasien mencapai penyakit ginjal stadium lima, biasanya mereka membutuhkan transplantasi."

Orang yang berisiko terkena penyakit ginjal harus rutin cek kesehatan karena pengobatan bisa menurunkan hingga menghilangkan penyakit ginjal.

"Banyak orang dengan penyakit ginjal dapat hidup normal, dan perlu dipastikan mereka mengelola kondisi melalui pemeriksaan rutin, obat-obatan yang diresepkan, diet sehat dan olahraga," tambah dia.

4. Mitos: Penderita penyakit ginjal perlu cuci darah

Penyakit ginjal sangat bervariasi dalam tingkat keparahannya. Tidak semua orang yang didiagnosis akan mencapai tahap gagal ginjal dan membutuhkan dialisis (cuci darah).

"Hanya sebagian kecil dari mereka yang menderita penyakit ginjal yang mencapai tahap ini," kata Tomson.

5. Fakta: Penyakit ginjal terkait pola makan

Apa yang kita makan berperan penting dalam kesehatan ginjal.

"Makan makanan yang sehat dan seimbang penting bagi kita. Namun dalam hal penyakit ginjal, pola makan yang baik dapat berdampak besar pada penyakit dan mencegah komplikasi," tuturnya.

Menjaga berat badan yang sehat dan mengonsumsi makanan rendah garam dan lemak dapat membantu mengendalikan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal.

"Ketika penyakit ginjal mencapai tahap selanjutnya, pasien cenderung bekerja sama dengan ahli diet untuk membantu mengelola gejala penyakit," ucap Tomson.

6. Mitos: Penyakit ginjal hanya menyerang orang tua

Kita harus menjaga kesehatan ginjal dengan baik di usia berapa pun.

"Penyakit ginjal umumnya dikaitkan dengan bertambahnya usia, namun penting untuk dicatat bahwa siapa saja di usia berapa pun dapat terkena penyakit ginjal," kata Tomson.

Ada baiknya kita mewaspadai tanda dan gejala penyakit ginjal, serta mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Mitos: Penyakit ginjal bisa disembuhkan

Begitu penyakit ginjal telah mencapai stadium kronis, tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

"Tujuan pengobatan adalah membantu mengelola penyakit ginjal dengan mengendalikan gejala, mengurangi komplikasi dan memperlambat perkembangan," jelas Tomson.

Sekali lagi Tomson mengingatkan, sebagian besar orang dengan penyakit ginjal harus menjalani pengobatan, berolahraga teratur, makan makanan yang sehat, membatasi asupan garam, dan menjaga kadar gula darah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/16/142411320/mitos-dan-fakta-seputar-penyakit-ginjal

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.