Salin Artikel

Pesan Dude Harlino bagi Para Ayah dalam Mengasuh Anak

KOMPAS.com - Pasangan selebritas Dude Harlino dan Alyssa Soebandono disibukkan dengan kegiatan mengurus kedua anaknya di saat pandemi.

Menurut Dude, kedua anaknya, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino (5) dan Malik Mahendra Harlino (3) saat ini sedang memasuki masa-masa aktif, dan pandemi mengubah rutinitas bermain anak di luar rumah.

"Memang di masa pandemi ini segalanya berubah, dan itu juga berlaku untuk pola mengasuh anak," kata Dude dalam webinar "Bangkit & Menghebat di Era New Normal" pada hari Selasa (16/2/2021).

Karena itulah, ketika anak-anaknya bermain di luar, Dude berusaha memberikan mereka ruang yang tetap aman, dan tidak terlalu banyak orang.

"Ingat, anak juga butuh sinar matahari. Saya biasa menyiapkan satu tempat terbuka yang khusus dan aman untuk mereka," ujarnya.

Dude juga mengaku jika dirinya berusaha agar dapat memantau tumbuh kembang kedua anaknya secara langsung.

"Saya belajar apa itu parenting dan bagaimana penerapannya kepada anak. Saya sering diskusi  sama Icha (panggilan Alyssa), dan menentukan pola parenting yang tepat."

"Kami juga membahas bagaimana mendidik anak tanpa kata-kata keras, tidak ada bentakan. Karena dengan membentak akan berakibat buruk bagi anak," tutur pria berusia 40 tahun ini.

Ditekankan Dude, ayah memiliki peran penting dalam pola pengasuhan anak dan harus ikut terlibat, karena mengasuh anak bukan hanya tugas seorang ibu.

Contohnya, seperti mengganti popok atau memandikan anak, yang selama ini dia lakukan kepada Dirgantara dan Malik.

"Ayah juga perlu hadir dalam pengasuhan," jelas Dude.

Bonding antara ayah dan anak penting, karena ada momen atau situasi di mana hanya ayah yang bisa memberitahu anak, Dude mengingatkan.

"Anak perlu melihat ketegasan dan kepemimpinan dari seorang ayah, dan itu tidak bisa digantikan oleh ibu," sambungnya.

Menyikapi pandemi Covid-19, dia berpesan agar setiap orangtua mulai memberikan pemahaman kepada anak terkait Covid-19 sejak dini, dan menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin.

"Bagi kedua orangtua, termasuk ayah, ajarkan anak cara mencuci tangan yang benar, memakai masker, dan mulai jelaskan Covid-19 ke anak."

"Terapkan juga protokol kesehatan di mana pun, baik itu di luar rumah atau di dalam rumah."

"Saya sama Icha kalau pulang syuting, biasanya lepas sepatu di luar, terus mandi. Intinya sebelum kita ketemu anak, kita harus yakin bahwa kita sudah bersih," terangnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/16/185937920/pesan-dude-harlino-bagi-para-ayah-dalam-mengasuh-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.