Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Bercerita dalam Promosi Produk Kuliner di Medsos

KOMPAS.com – Media sosial menjadi andalan bagi pengusaha kuliner berskala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mempromosikan produknya dengan bujet yang rendah.

Walau tampilan foto makanan penting, tetapi yang sering dilupakan pelaku usaha adalah menyertakan unsur cerita dalam promosinya.

Cullinary Storyteller, Ade Putri, mengatakan, agar promosi usaha kuliner sukses di media sosial, kita juga harus belajar bertutur, bukan hanya sekadar berjualan dengan mengatakan produk kita paling lezat.

“Konten hard selling hanya akan menarik jika dibarengi dengan diskon besar. Sedangkan story telling yang disampaikan dengan baik akan membuat orang menyimak dan mendengarkan,” kata Ade dalam acara media gathering diadakan secara virtual oleh merek home appliance Beko, Jumat (19/2).

Ade menjelaskan, sebuah cerita bukan hanya tentang pemilihan kata-kata, tetapi juga bagaimana agar orang mau mendengarkan kita.

Dia memberi contoh pemilihan materi cerita bagi pelaku usaha yang berjualan makanan “resep nenek” yang selama ini disimpan di keluarga saja.

“Ceritakan bagaimana nenek hanya mengeluarkan menu special itu ketika ada acara terentu. Atau ceritakan bagaimana proses masaknya, bisa juga cerita tentang pendapat nenek setelah resepnya go public,” ujar wanita yang juga seorang konsultan F&B ini.

Sebelum memilih sebuah cerita yang akan disampaikan, Ade mengingatkan pentingnya mengenali produk dan menggali kisahnya.

“Cerita lebih dalam supaya orang tertarik dan ingat. Bisa jadi setelah membeli dan suka, mereka akan menceritakan kisah itu orang lain yang merupakan calon pelanggan kita,” katanya.

Meningkatkan skill usaha

Beko mengajak pelaku usaha kuliner sehat berskala rumahan di Jabodetabek kampanye digital #MulaiBarengBeko. Beko bersama dengan tiga juri, yaitu chef William Ghozali, Top 10 Masterchef Indonesia Amy Zein, dan Ade Putri, juga berbagi tips meningkatkan kecakapan dan daya tarik usaha makanan agar kian cuan.

"Selama 20 hari kampanye #MulaiBarengBeko digelar, puluhan pengusaha makanan rumahan di area Jabodetabek berpartisipasi dan berbagi cerita terkait usaha yang mereka geluti," kata Arlisa Ardhiani, Marketing Manager PT Beko Appliances Indonesia.

Ia menambahkan, juri akhirnya memilih 3 pemenang yang mendapatkan hadiah perangkat andal dari Beko untuk mendukung usahanya.

Para pemenang adalah usaha minuman sehat @maduelkarim. Dibuat dengan bahan dasar alami, tanpa pengawet dan pemanis buatan, varian minuman rempah dan susu menjadi rangkaian asupan sehat.

Lalu Nukoke Salad @nukokesalad yang menjual jenis makanan sehat berbahan dasar sayuran yang praktis untuk di makan dan produksi jamu racikan @heimbok. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/20/090000520/pentingnya-bercerita-dalam-promosi-produk-kuliner-di-medsos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke