Salin Artikel

Pemerintah Bantu 20 Pemilik Brand Modest Kembangkan Bisnis, Mau?

Modest fashion (busana modest) atau busana muslim di Indonesia saat ini semakin berkembang. Bahkan, pengguna busana modest kini tak hanya kelompok perempuan berhijab saja tetapi lebih luas lagi.

Modest fashion dianggap sebagai salah satu subsektor ekonomi kreatif yang punya kontribusi besar pada perekonomian negara.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks Franka Soeria mengadakan program "Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFUND) 2021".

Program yang pertama kali diselenggarakan pada 2019 ini akan memberikan pendampingan bagi pemilik brand modest fashion dalam mengembangkan bisnisnya, termasuk peningkatan kapasitas dan akses permodalan.

Nantinya, akan ada 20 brand modest fashion terpilih yang akan mengikuti creative workshop dengan mentor ahli dari bernagai bidang, mulai dari bidang fesyen, keuangan, pemasaran digital, hingga perbankan syariah dan venture capital.

Brand modest fashion terpilih juga berkesempatan mendapatkan pembiayaan melalui pitching kepada lembaga pendanaan dan investor.

Ini tentunya menjadi angin segar untuk para pemilik brand modest fashion, terutama bagi brand yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui program ini, Direktorat Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf berusaha mendukung pelaku bisnis modest fashion dari sisi akses pembiayaan dan investasi.

Lebih jauh lagi, program ini juga merupakan bagian dari dukungan untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.

"Kami ingin melahirkan brand-brand modest yang tangguh dan bisa memimpin, baik di Indonesia maupun ekspor."

"Tentunya untuk sampai ke sana brand-brand ini, terutama yang muda-muda, perlu banyak persiapan, untuk itu kami melibatkan para ahli di bidangnya."

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Hanifah Makarim dalam peluncuran ModestFFFUND 2021, Selasa (23/2/2021).

Program ini terbuka bagi semua pemilik brand modest fashion dari segala kalangan dan platform.

Hanya saja, brand tersebut harus sudah dijalankan secara serius setidaknya salam satu tahun terakhir.

"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua founder modest fashion baik yang senior, masih baru, brand online, maupun pengusaha modest fashion tanpa pandang bulu."

"Meski begitu mereka harus memiliki dasar yang serius dalam berusaha, telah memiliki perusahaan minimal satu tahun, memiliki laporan keuangan dan aspek kelegalan lain yang sudah selayaknya dimiliki sebuah bisnis," ungkap Co-Founder #Markamarie & Modest Fashion Weeks Franka Soeria.

ModestFFFUND 2021 akan dimulai dengan pendaftaran secara daring mulai 23 Februari hingga 13 Maret 2021.

Selanjutnya, program diikuti dengan tahapan seleksi Top 100, Penjurian pemilihan Top 20, Penyelenggaraan Creative Workshop, Mentoring Pitching, Pitching, Final Fashion Show, Bazaar Online di Marketplace, dan Mentoring Pasca-Event.

Informasi seputar "ModestFFFund 2021" bisa diakses di www.modestfffund.com dan instagram @modestfffund dengan hashtag #MODESTFFFUND #MODESTFFFUND2021.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/24/070200520/pemerintah-bantu-20-pemilik-brand-modest-kembangkan-bisnis-mau-

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.