Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Perpaduan Bahan Skin Care yang Cocok Digunakan Bersama

Meski terlihat sepele, namun ternyata memilih skin care ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan, lho.

Beberapa kombinasi skin care cocok dipadukan satu sama lain dan bisa memberikan hasil optimal, sementara beberapa kombinasi skin care lainnya malah bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa bahan skin care yang boleh dicampur atau cocok untuk digunakan bersamaan dalam rutinitas perawatan kulit, seperti dilansir Real Simple:

1. Vitamin C dan tabir surya

Menggunakan tabir surya secara rutin selalu menjadi saran para dokter kulit agar kulit kita tetap terlindungi dari paparan sinar ultraviolet.

Nah, ternyata tabir surya bisa bekerja lebih maksimal jika dilapisi dengan serum berbasis vitamin C terlebih dahulu pada lapisan di bawahnya.

Menurut dokter kulit tersertifikasi dari New York City, Kavita Mariwalla, MD, tak peduli seberapa rajin kita menggunakan tabir surya, kulit akan tetap terkena paparan sinar matahari.

Sementara vitamin C adalah antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas, sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

2. Vitamin C dan asam ferulat dan/atau vitamin E
Kita bisa mendapatkan manfaat lebih dari vitamin C dengan mencari serum yang memadukannya dengan asam ferulat atau vitamin E.

Menurut dokter kulit bersertifikasi dari New York City sekaligus salah satu pendiri LM Medical dan asisten profesor dermatologi dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, Morgan Rabach, MD, produk dengan vitamin C sangat baik untuk mengatasi kulit kendur, tekstur kulit yang tidak rata, hingga perubahan warna kulit.

Sayangnya, kandungan ini sangat tidak stabil.

Tapi, asam ferulat dan vitamin E bisa menjaga agar produk dengan vitamin C bisa tetap stabil dan mencegah kandungannya agar tidak terdegradasi.

Ketiga bahan terebut akan bekerja sinergis untuk memberikan manfaat antioksidan yang dapat melindungi kulit dengan baik.

3. Retinoid dan peptida
Menurut Mariwalla, memadukan produk dengan kandungan retinoid dan produk berbasis peptida untuk perawatan kulit malam hari adalah pilihan yang baik.

Kita bisa mendapatkan manfaat pembentukan kolagen dari retinoid, yang juga dapat membantu penetrasi krim berbasis peptida untuk membantu mengencangkan kulit.

Selain itu, kebanyakan krim peptida biasanya juga mengandung banyak bahan pelembap.

Ini tentunya sangat bermanfaat untuk membantu menghidrasi kulit dan membantu melawan efek samping iritasi yang kerap dirasakan sebagian orang akibat penggunaan produk mengandung retinoid.

Gunakan produk mengandung retinoid terlebih dahulu dalam jumlah sedikit, cukup seukuran kacang polong, lalu lapisi dengan krim mengandung peptida.

4. Retinoid dan asam hyaluronat
Memadukan produk retinoid dengan produk pelembap mengandung asam hyaluronat juga merupakan ide yang baik.

Retinoid mampu membantu mengencangkan pori-pori, menurunkan produksi minyak pada kulit dan meluruhkan sel-sel kulit mati.

Namun, manfaat tersebut sebetulnya juga bisa membuat kulit jadi kering dan bersisik.

Nah, di situlah produk dengan asam hyaluronat berperan sebagai bahan pelembap untuk mengatasi kulit kering.

Oleskan krim atau serum asam hyaluronat terlebih dahulu dengan tipis saja. Baru kemudian ikuti dengan pengaplikasian produk mengandung retinoid.

Sebab, mengaplikasikan produk dengan asam hyaluronat sebelum retinoid bisa membuat retinoid malah menjadi tidak aktif.

Nah, pada intinya, untuk mengetahui secara pasti bahan-bahan skin care apa saja yang paling cocok untuk kulitmu, cobalah berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran perawatan yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/24/195500420/4-perpaduan-bahan-skin-care-yang-cocok-digunakan-bersama

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.