Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan untuk Mencegah Rambut Rontok, Apa Saja?

KOMPAS.com - Apakah kamu belakangan menemukan segumpal rambut pada sisir atau saluran pembuangan kamar mandi? Atau mungkin rambut yang dulu lebat dan berkilau, kini terlihat agak jarang?

Apa yang terjadi pada rambut kita? Mengapa kita kehilangan rambut? Mengapa rambut yang tumbuh makin tipis dan jarang? Apa yang harus dilakukan?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kerontokan rambut adalah hal yang normal. Tetapi rontok yang berlebihan - dikenal dalam istilah medis sebagai telogen effluvium - sering kali merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi.

Beberapa hal dapat menyebabkan rambut rontok melebih batas normal. Berikut beberapa penyebab umum:

Stres

Stres dapat memicu kerontokan rambut. Umumnya kerontokan terjadi ketika seseorang mengalami stres yang terus menerus atau depresi berat.

Kehamilan dan perubahan hormon

Kebanyakan wanita kehilangan banyak rambut beberapa bulan setelah melahirkan. Beberapa wanita juga akan mengalami rambut rontok selama menopause, atau jika terjadin perubahan hormonal lainnya, seperti menghentikan pil KB.

Penyakit

Penyakit dapat memicu kerontokan rambut, terutama jika terjadi bersamaan dengan demam tinggi. Setiap gangguan besar pada tubuh dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan pada kulit dan rambut.

Masalah tiroid

Baik gangguan hipertiroid (kelenjar tiroid yang terlalu aktif) dan gangguan hipotiroid (tiroid yang lamban) dapat menyebabkan kerontokan yang berlebihan.

Kekurangan nutrisi

Rambut rontok bisa menjadi efek samping dari anemia (kadar zat besi rendah). Bisa juga disebabkan oleh kekurangan nutrisi lain, termasuk vitamin B dan vitamin D karena tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi tertentu untuk membangun rambut.

Pengobatan

Kemoterapi untuk mengobati kanker terkenal dapat menyebabkan kerontokan rambut. Tetapi banyak obat umum lainnya dapat menyebabkan rambut rontok atau menipis, termasuk antibiotik, antidepresan, dan obat tekanan darah.

Mengatasi rambut rontok

Menurut Sitoresmi, Senior Education Manager, Kérastase Indonesia, selain stres akut, perubahan hormonal, dan nutrisi, faktor eksternal juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut.

Yang dimaksud faktor eksternal misalnya lingkungan udara panas dan berpolusi tinggi, kebiasaan menata rambut dengan alat hair-styling panas, atau kegiatan yang kita lakukan seperti keramas dengan air panas.

Terkait isu kerontokan rambut, Sitoresmi bagikan tiga langkah sederhana yang dapat langsung dipraktekkan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok:

· Atur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya nutrisi dan bergizi seimbang untuk mendapatkan akar rambut yang kuat dan mencegah kerontokan rambut diluar siklus normalnya.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau, penting untuk dimasukkan ke dalam agenda santapan sehari-hari.

Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin, seperti biotin, vitamin D, A & B, serta beta-karoten.

· Hindari stres karena stres mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Manjakan diri dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan diri.

· Perawatan kulit kepala dan batang rambut dengan produk yang tepat secara rutin, selalu gunakan produk perlindungan alat hair-styling panas sebelum melakukan penataan rambut (blow-dry, curly, catok), tambahkan rangkaian perawatan rambut dengan conditioner, masker dan serum untuk hasil rambut terbaik.

Nutrisi

Khusus soal pengaturan makanan, ahli gizi Winda Ekayanti, M.Nut & Diet, APD, menyebutkan ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kita mengurangi kerontokan rambut.

“Asupan gizi seimbang tidak hanya terdiri dari sayur mayur dan buah-buahan saja. Tubuh membutuhkan kalori serta zat nutrisi dalam jumlah tertentu untuk dapat bekerja secara optimal,” ujar Winda dalam acara virtual peluncuran Kerastase Genesis.

Menurut Winda, banyak sumber makanan kaya vitamin dan nutrisi penting untuk merawat kesuburan rambut, bahkan beberapa dapat ditemukan di dalam kulkas rumah. Apa saja?

- Salmon – Kandungan tinggi protein dan vitamin D pada ikan salmon merupakan kunci rambut kuat.

Selain itu, asam lemak Omega-3 sungguh diperlukan tubuh untuk menumbuhkan rambut karena Omega-3 juga ditemukan pada membran sel kulit kepala serta minyak alami yang menjaga agar kulit kepala dan rambut terhidrasi.

- Wortel – Merupakan sumber antioksidan beta-karoten yang baik. Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A dalam wortel penting untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala sehingga rambut terlihat sehat dan berkilau.

Itulah sebabnya makanan yang dikenal sehat untuk mata ini ternyata termasuk salah satu makanan rekomendasi untuk cegah rambut rontok.

- Telur – Kaya akan vitamin B dan mengandung Biotin dalam jumlah tinggi. – keduanya penting bagi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala.

Selain kandungan Biotin, telur juga mengandung zat besi, zinc, dan Omega-6 yang berkontribusi terhadap pertumbuhan rambut. Pilihan produk lain yang juga mengandung vitamin B dan Biotin adalah susu atau yogurt.

- Daging ayam – Merupakan makanan yang kaya protein dan rendah lemak, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut. Daging unggas juga mengandung vitamin B3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

- Jeruk – buah jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab rambut kusam dan mudah patah.

Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen dan memaksimalkan penyerapan zat besi yang berguna dalam menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

Selain memperhatikan asupan nutrisi, kita juga bisa mengurangi rambut rontok dengan produk perawatan rambut yang tepat.

Kérastase sendiri meluncurkan rangkaian perawatan Genesis yang mengandung tiga formula potent Anti-Fall Complex yang secara aktif menutrisi dan memproteksi akar, kulit kepala, serta batang rambut:

- Ginger Root dengan kemampuan unggul untuk melindungi rambut dari serangan eksternal sehari-hari, serta menstimulasi sirkulasi darah mikro demi ketangguhan dan kekuatan batang rambut dan kulit kepala yang sehat.

- Edelweiss Native Cells dengan manfaat utama untuk hidrasi dan melindungi rambut bahkan dari kondisi yang paling ekstrim, mencegah kerusakan serat rambut, serta mengurangi kerusakan pada rambut.

- Aminexil 1,5% berperan untuk membantu memperkuat akar rambut dan mencegah pengerasan kolagen di sekitar folikel akar rambut.

Rangkaian ini terdiri dari shampo, kondisioner, serum, dan pproduk pelindung rambut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/27/184543220/makanan-untuk-mencegah-rambut-rontok-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke