Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skin Care Dasar bagi Pria untuk Kulit Wajah Lebih Sehat

KOMPAS.com - Kini semakin banyak pria yang berminat merawat wajah untuk mendapatkan kulit yang segar dan sehat. Namun banyak yang masih bingung tahapan dan produk yang harus dipakai.

Ada tahapan skin care dasar yang sebaiknya diterapkan sebelum menggunakan berbagai produk yang lebih rumit.

Produk perawatan wajah bagi pria kini semakin banyak di pasaran. Tak sebatas sabun muka eperti dulu, kini ada banyak pelembab dan toner yang khusus ditujukan untuk laki-laki. Meski minatnya juga semakin tinggi, kebanyakan masih kebingungan soal jenis dan cara penggunaannya.

Memang pembahasan soal skin care bagi kaum adam belum seterbuka bagi wanita. Banyak pula yang masih malu jika harus bertanya langsung ke SPG di toko kosmetik. Daripada salah informasi dan malah coba-coba, berikut adalah tahapan dasar skin care yang cocok untuk pria.

  • Membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah salah satu langkah yang wajib dilakukan. Bukan hanya setelah beraktivitas di luar rumah, tahapan ini bahkan wajib hukumnya meskipun hanya berkegiatan di dalam rumah.

Proses pembersihan ini juga tidak hanya dilakukan sekali melainkan dua kali. Double cleanser is a must, terutama jika habis menggunakan tabir surya atau kosmetik.

Pertama dengan menggunakan produk pembersih seperti cleansing balm, micellar water maupun yang berbahan dasar minyak dan krim.

Kedua dengan sabun muka sebagai penutup. Ini untuk memastikan tidak ada lagi debu atau kotoran yang menempel.

Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Bagaimana caranya? Jika suatu produk tidak membuat wajah seperti ditarik atau kencang maka bisa dikatakan cocok.

Sebaiknya beli ukuran kecil atau sample size saja sebagai percobaan. Sekarang banyak produk yang menyediakan ukuran mini dengan harga yang juga lebih terjangkau.

  • Melembabkan

Moisturizer alias pelembab juga merupakan hal yang pokok. Pastikan mengaplikasikannya ke wajah di pagi hari sebelum mulai aktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Produk ini akan membantu menjaga kelembaban wajah. Pemilik wajah berminyak juga harus menggunakannya karena sifatnya sangat utama, tapi pilih yang sesuai jenis kulit.

Sesuai jenis pelembab yang dipakai dengan jenis kulit. Misalnya kulit kering bisa memilih moisturizer dengan tekstur krim atau losion.

Sedangkan kulit berminyak menggunakan yang berbahan dasar air dan gel. Perbedaan tekstur ini akan membantu kulit menyerap produk dengan lebih cepat.

Hasilnya juga lebih baik sehingga kelembaban muka terjaga. Sebagai negara tropis dan beriklim lembab juga bukan alasan untuk tidak memakai pelembab.

Kandungan air di wajah harus dijaga. Salah satunya dengan memakai pelembab yang tepat.

  • Melindungi dari sinar matahari

Basic skin care berikutnya adalah penggunaan sunscreen sebagai pelindung Paparan sinar matahari mengandung sinar UV yang bisa berakibat buruk bagi kulit.

Misalnya saja penuaan dini, kanker kulit, dan terasa terbakar. Tanda-tandanya seperti kulit yang menggelap dan bintik hitam.

Karena itu, produk tabir surya harus terus menerus dipakai khususnya di Indonesia. Bukan hanya di luar rumah namun juga di dalam rumah.

Paparan sinar matahari lewat jendela rumah juga bisa berakibat buruk. Tak ada salahnya melakukan langkah preventif.

Sebagai permulaan, bisa memilih tabir surya dengan bentuk stick atau spray. Alasannya karena lebih mudah digunakan dan praktis.

Cukup disemprot atau dioleskan di area yang diperlukan. Cara ini cocok bagi pemula yang baru belajar taat merawat wajah.

Tabir surya juga harus diaplikasikan berulang kali. Jangan hanya pakai satu kali saja dalam sehari.

Perhatikan angka SPF yang tertera di kemasan. Semakin tinggi angkanya maka semakin panjang durasi pakainya. Misalnya tabir surya SPF 50 bisa diaplikasikan ulang setelah 4 sampai 5 jam.

Selain itu, ada juga yang berbentuk gel atau krim. Jenis ini lebih ribet karena harus dioleskan dengan tangan.

  • Kenali masalah kulit

Produk skin care dasar terakhir adalah untuk perawatan masalah kulit wajah. Kenali masalahnya dan cari tahu solusinya.

Misalnya saja wajah berjerawat, komedo membandel atau berminyak. Setelah itu pilih produk yang bisa menyembuhkannya.

Demikian pula dengan serum, toner atau essence. Cari tahu kandungan yang tepat untuk masalah kulitmu.

Bisa juga cek review berbagai produk di pasaran untuk tahu mana yang paling tepat. Ingat, pilih produk yang aman dan terdaftar BPOM.

Ikuti pula tata aturan pakainya. Khususnya jika baru pertama kali menggunakan produk semacam ini.

Harus diketahui juga jika skin care tidak bekerja dalam sekejap. Biasanya perlu waktu setidaknya 1 bulan untuk bisa melihat hasilnya.

Belum tentu produk yang cocok di orang lain, cocok bagi kita. Karena itu, kenali kulit wajah sendiri untuk mendapatkan hasil terbaik.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/02/135142220/skin-care-dasar-bagi-pria-untuk-kulit-wajah-lebih-sehat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke