Salin Artikel

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Jerawat pun kerap dirasa sebagai petaka bagi sebagian besar orang. Kehadirannya memunculkan rasa tidak nyaman, gatal, dan tak jarang mengurangi kepercayaan diri.

Rasanya gemas untuk tidak memegangnya atau menghilangkannya seketika. Tak heran banyak orang yang sulit untuk menahan diri dan tidak memencet jerawat.

Sayangnya, kebiasaan buruk ini bukannya menjadi solusi dan malah menambah masalah. Tangan yang kotor membuat wajah terkontaminasi.

Jerawat yang dipaksa keluar juga membuat jaringan kulit rusak dan meradang. Masalah lanjutan lainnya adalah bekas jerawat yang mengganggu penampilan.

Kini memang banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa menghilangkan bekas hitam di muka. Namun sebelum membeli produk pabrikan, sebaiknya mencoba cara alami.

Bahan bakunya jelas mudah didapat. Selain itu bahan alami pun tidak memberikan efek samping.

  •  Minyak kelapa

Jenis minyak ini mengandung anti bakteri dan anti radang sekaligus. Penggunaannya bisa menjadi obat bagi semua jenis kulit.

Selain itu, ada pula kandungan antioksidan serta vitamin A dan vitamin K sekaligus.

Manfaatnya selain menghilangkan bekas jerawat juga membuat kulit semakin sehat dan glowing.

  • Bubuk kulit jeruk

Bahan ini mungkin masih terdengar asing. Namun kita bisa membuat sendiri di rumah.

Caranya cukup dengan menjemur kulit jeruk hingga kering di bawah sinar matahari. Kemudian haluskan dengan food processor sampai benar-benar halus.

Kandungan vitamin C dalam bubuk tersebut sangat tinggi. Karena itu sangat bermanfaat dalam memcerahkan dan melembapkan kulit.

Cara pakainya bisa dengan dicampur madu dan dioleskan ke wajah selama 15 menit.
Setelah itu cuci bersih dengan air.

Aplikasikan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Lidah buaya

Tanaman yang sempat jadi primadona industri kecantikan juga efektif untuk bekas jerawat.

Terdapat anti bacterial yang membantu meredakan iritasi dan kemerahan di wajah.

Selain itu sifatnya juga bisa memberikan rasa dingin di permukaan kulit. Perpaduan ini membuat lidah buaya ampuh untuk meredakan infeksi dan menghilangkan noda di kulit.

Meskipun saat ini produk aloe vera banyak tersedia di pasar, namun yang alami jauh lebih baik.

Dapatkan hasil maksimal dengan mengoleskan langsung lidah buaya ke area yang memiliki bekas jerawat.

  • Minyak jarak

Tanaman jarak bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga bagi kecantikan. Saripati pohon ini kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E.

Efeknya dipercaya bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menghilangkan pigmentasi. Caranya, dengan mengoleskan minyak ini ke sisa jerawat dan biarkan semalaman.

Jangan lupa basuh wajah dengan air keesokan harinya agar hasilnya sempurna. Selain itu, minyak ini juga bisa dijadikan aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur loh.

  • Kunyit

Rempah berwarna kuning ini juga bermanfaat sebagai anti radang. Penggunaannya aman untuk kulit dan sekaligus dapat mencerahkan kulit yang kusam.

Untuk hasil terbaik, kunyit harus dicampur dengan bahan alami lainnya.

Tambahkan dadih -susu fermentasi tradisional, dan tepung gram -tepung khas India yang mengandung karbohidrat tinggi tetapi rendah lemak.

Campur bahan-bahan tersebut hingga rata dan balurkan ke wajah. Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Berbeda dari produk dengan bahan kimia, metode alami biasanya butuh proses yang lebih lama. Karena itu, jangan putus asa jika hasilnya tidak nampak dalam waktu singkat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/05/071444620/5-bahan-alami-untuk-hilangkan-bekas-jerawat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.