Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Gerakan Olahraga di Rumah untuk Mengecilkan Payudara Pria

Pria memang secara alami memiliki payudara. Kehadirannya bahkan lengkap dengan puting dan kelenjar susu.

Meski demikian, cara kerja jaringannya berbeda sehingga tidak berkembang seperti layaknya milik wanita. 

Namun kadangkala ada pria yang menyadari jika ukuran buah dadanya semakin bertambah. Hal ini memunculkan perasaan tidak nyaman.

Selain terasa berat di bagian dada, tentu saja penampilan menjadi terganggu.

Prosedur operasi menjadi salah satu cara kilat bagi pria yang ingin membuat dadanya rata sempurna. Namun cara ini tentu saja membutuhkan biaya dan berisiko tinggi.

Ada pilihan lain yang lebih aman baik untuk kesehatan maupun dompet, yakni berolahraga.

Dilansir dari GQ, ada 3 gerakan workout-at-home yang secara khusus bisa membuat dada pria jadi lebih bidang dan bebas dari payudara.

  • Push-up

Gerakan ini bukan hanya bisa menguatkan otot trisep dan bisep. Aktivitas ini juga bisa membakar lemak perut dan menciptakan otot dada serta perut.

Jika otot dada semakin kencang maka jelas payudara juga akan menghilang. Namun hal ini hanya bisa didapatkan jika posisi push-up yang dilakukan sempurna.

Caranya dengan posisi tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri tubuh. Kemudian sambil mengandalkan kekuatan lengan, mengangkat tubuh dari lantai.

Pastikan wajah menghadap ke depan dan kaki direnggangkan untuk keseimbangan.

Pemula bisa memulainya dengan push up lutut baru dilanjutkan bertahap ke push up biasa.

  • Bench Press

Latihan beban yang fokus pada bagian atas tubuh ini juga bisa mengurangi ukuran payudara. Terbukti gerakan ini menjadi rekomendasi favorit para trainer gim untuk pembentukan otot dada.

Jika di pusat kebugaran biasanya disediakan dumbel, kita bisa menggantinya dengan alternatif yang ada di rumah. Misalnya dengan bangku atau ransel terisi dengan bobot yang sesuai.

Poin terpenting adalah posisi tubuhnya harus benar. Sebelum mengakat beban, posisikan kepala, bahu, punggu, dan pantat tetap di menempel di bangku.

Kemudian kaki dibuka lebar dan menapak kuat ke lantai. Perhatikan pula tarikan nafas dan pergelangan tangan ketika melakukan exercise ini.

  • Kardio

Jenis olahraga ini biasanya disukai para wanita. Namun aktivitas ini juga berdampak baik bagi pria khususnya yang ingin mengecilkan ukuran payudaranya.

Variasi gerakannya juga beragam sehingga dapat meningkatkan detak jantung dan membakar lemak. Lakukan sesi kardio selama 30 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bisa dengan joging, jalan kaki, lompat tali dan squat jump. Bisa pula mencari alternatif cardio rumahan lainnya yang banyak tersebar di internet.

Penyebab Payudara Pria Membesar

Memiliki payudara saja sudah terasa aneh bagi pria. Apalagi jika ukurannya membesar. Hal ini kerap membuat frustasi dan muncul perasaan tidak percaya diri.

Kondisi ini bukannya tanpa alasan. Ada dua hal yang bisa menjadi penyebab ukuran buah dada pria bertambah.

  • Ginekomastia

Ini adalah kondisi ketika ukuran payudara pria membengkak karena ketidakseimbangan hormon. Kelainan sistem endokrin juga bisa menjadi penyebabnya.

Selain itu, pubertas, penuaan dan konsumsi obat juga bisa jadi alasannya.

Menurut penelitian ini adalah jenis pembesaran kelenjar yang relatif jinak dan banyak pria mengalaminya. Setidaknya ada 30% laki-laki di dunia yang pernah mengalaminya.

  • Gaya hidup tidak sehat

Pola hidup dan makan yang tidak sehat mengumpulkan lemak berlebih di area dada. Karena itu ukuran payudara pun ikut bertambah.

Apalagi jika tidak pernah rutin berolahraga maka risikonya akan lebih besar. Misalnya saja sejumlah keluhan medis lainnya yang muncul berikutnya.

Untuk membuat dada lebih bidang dan bebas lemak, tiga jenis gerakan workout-at-home ini bisa dicoba.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/05/112805820/3-gerakan-olahraga-di-rumah-untuk-mengecilkan-payudara-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke