Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyelamatkan Indonesia agar Tidak Terbungkus Plastik

Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup banyak menghasilkan sampah. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah sampah di Indonesia sekitar 67,8 juta ton pada tahun 2020 dan kemungkinan akan terus bertambah.

Hal inilah yang membuat EnviGo!, sebuah perusahaan ramah lingkungan, mengeluarkan sejumlah produk yang bisa mengurangi dampak sampah plastik.

Untuk saat ini EnviGo! menawarkan 5 produk ramah lingkungan, yaitu:

1. Cassava Bag

Cassava Bag merupakan kemasan yang terbuat dari tepung singkong, yang dapat menampung benda-benda kering dengan berat sampai 5kg.

Kemasan yang satu ini dapat terurai dalam waktu yang relatif cepat sekitar 6 bulan, dan dapat menjadi kompos yang merupakan nutrisi untuk tanah.

2. Paper Bag

Paper Bag yang terbuat dari bahan alami ini dapat digunakan berulang kali, didaur ulang, bahkan dapat terurai hanya dalam waktu 6 minggu.

Harga yang ditawarkan cukup kompetitif dan kemasan ini memberikan kesan yang lebih eksklusif.

3. Spunbond Bag

Spunbond Bag merupakan pengganti kemasan plastik yang terbuat dari bahan mineral alami yang aman dan juga lebih kuat dibanding kemasan plastik biasanya.

Kemasan spunbond dapat terurai dalam waktu 50 tahun. Meski begitu, kemasan ini dapat kamu gunakan berulang kali karena tidak mudah robek.

4. E-commerce Courier Bag

Kemasan yang satu ini diperuntukkan untuk pebisnis online dalam packing barang. Selain memang tahan hujan dan panas, kemasan ini dapat terurai dalam waktu 2 tahun.

5. Oxo Bio Plastic

Kemasan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa terurai menjadi kompos ini, memiliki harga yang ekonomis.

Oxo bio plastic ini dapat terurai dalam kurun waktu sekitar 2 tahun.

"Kami ingin para perusahaan tersebut menjadi lebih sadar bahwa mereka dapat mengurangi plastik sekali pakai, yang berimbas buruk pada lingkungan, dengan menggunakan kemasan yang lebih ramah lingkungan,” papar Kevin Susanto, Chief Green Officer EnviGo!.

Untuk saat ini, beberapa bisnis seperti Kopi Kenangan, Mangkokku, Jiwa Group, dan Sec Bowl telah beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan dari EnviGo!

Produk-produk EnviGo! telah mengantongi sertifikat SNI sebagai bukti bahwa kemasan ramah lingkungannya aman dan terpercaya.

Kevin berharap pemerintah dapat mengadakan penyuluhan sedini mungkin mengenai pengelolaan sampah yang baik dan benar, terutama kepada generasi centennial (generasi Z).

Ia juga mengimbau masyarakat agar memiliki cara berpikir yang mengedepankan aksi go green untuk meminimalisir kemungkinan akan terjadinya banjir.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/09/072514920/menyelamatkan-indonesia-agar-tidak-terbungkus-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke