Salin Artikel

Kapan Saat yang Tepat Memakai Sabun Batang dan Sabun Cair

KOMPAS.com - Mandi di pagi hari akan membuat tubuh terasa segar. Dengan mandi, rasa lelah dan stres juga akan berkurang.

Ada tiga jenis sabun mandi yang biasa digunakan, yaitu shower gel, sabun cair, dan sabun batangan.

Kita mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakan sabun cair dan shower gel daripada sabun batangan karena kepraktisannya.

Meski demikian, belum tentu kedua jenis sabun tersebut cocok bagi kulit kita.

Baik shower gel, body wash, dan sabun batangan memiliki perbedaan, tergantung pada jenis kulit seseorang.

Ilyse Lefkowicz, MD, dokter kulit yang berfokus dalam dermatologi umum dan kosmetik menjelaskan perbedaan di antara ketiga jenis sabun yang ada. Simak penjelasan di bawah ini.

1. Perbedaan sabun batangan dan body wash

"Perbedaan utama antara sabun batangan dan body wash adalah bentuknya dan bagaimana bahan tersebut berinteraksi dengan kulit," kata Lefkowicz.

Ia menuturkan, baik sabun batangan dan sabun cair bisa membersihkan tubuh.

Namun, sabun batangan tertentu lebih keras dari sabun cair atau body wash dan bisa menghilangkan lemak dan protein esensial, atau mengubah tingkat pH kulit. Hal itu dapat menyebabkan iritasi kulit.

Bagi orang dengan kulit normal atau kering, atau orang yang mencari formula produk lebih lembut, Lefkowicz menyarankan untuk menggunakan body wash.

Sedangkan bagi orang dengan jenis kulit berminyak, tinggal di tempat yang panas dan lembap, atau menginginkan sabun yang dapat membersihkan tubuh secara menyeluruh, dia merekomendasikan sabun batangan.

Namun menurut dia, sabun cair lebih higienis ketimbang sabun batangan, karena bakteri bisa menempel di sabun batangan, apalagi jika sabun tersebut digunakan banyak orang.

"Untuk menghindari penumpukan bakteri, selalu bilas di antara penggunaan dan biarkan mengering," sebut Lefkowicz.

"Dengan body wash, lebih mudah menghindari penumpukan bakteri karena cairan sabun tidak menyentuh kulit saat berada di dalam botol."

2. Perbedaan shower gel dan body wash

Kedua jenis sabun ini adalah sabun cair, yang biasanya dibuat dengan emolien untuk melembutkan kulit dan surfaktan ringan yang menghasilkan busa yang banyak. Perbedaan utama terletak pada konsistensi dan konsentrasi bahan.

"Shower gel memiliki konsistensi seperti gel yang lebih kencang, dan konsentrasi pewangi yang lebih tinggi," kata Lefkowicz.

"Body wash cenderung lebih menghidrasi dan melembapkan, sehingga lebih berguna di cuaca yang lebih ekstrem dan dingin untuk menghindari pengelupasan kulit yang dapat menyebabkan kerusakan."

Menurut Lefkowicz, shower gel adalah pilihan tepat bagi orang yang tinggal di daerah dengan cuaca panas dan lembap atau memiliki kulit yang berminyak.

"Karena shower gel kurang melembapkan dibandingkan body wash, sabun itu lebih baik bagi mereka yang tinggal di iklim lebih hangat atau orang-orang dengan kulit berminyak," sambung dia.

3. Bahan sabun yang harus dihindari

Lefkowicz menyebutkan, bahan sabun seperti paraben dan ftalat harus dihindari, khususnya bagi orang yang pernah mengalami reaksi negatif karena penggunaan sabun dengan kedua bahan tersebut.

"Bagi orang dengan kulit sensitif, saya juga menganjurkan untuk memerhatikan produk yang memiliki pewangi atau pewarna yang berat, karena dapat menyebabkan iritasi," katanya.

Bahan sabun lain yang menurutnya juga harus dihindari adalah microbeads, karena dapat berbahaya bagi lingkungan.

"Selain itu, bagi orang yang ingin beralih dari penggunaan plastik, kemasan sabun batangan biasanya lebih sedikit daripada body wash," tambahnya.

Dikatakan Lefkowicz, kita sebaiknya mencari bahan sabun yang melembapkan kulit, tidak hanya menghidrasi.

"Pada body wash, Anda sebaiknya menggunakan produk yang membantu memperbaiki kulit, bukan menyakiti kulit," terang Lefkowicz.

"Body wash yang mengandung keramik, asam hialuronat, dan petrolatum cenderung bekerja dengan baik."

4. Mengganti produk pembersih seiring usia

Sabun batangan bisa membersihkan tubuh dengan baik bagi orang yang berusia muda.

Namun pada orang berusia lanjut, Lefkowicz menyarankan untuk mengganti sabun batangan dengan body wash yang dapat melembapkan kulit.

"Carilah body wash yang lembut dan melembapkan yang dapat membangun kesehatan kulit, karena akan membuat kulit tetap halus, lembut, dan sehat lebih lama."

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/09/104600620/kapan-saat-yang-tepat-memakai-sabun-batang-dan-sabun-cair

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.