Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Olahraga Lompat Tali

KOMPAS.com - Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang mudah dan murah untuk dilakukan. Gerakan sederhana ini juga memberikan banyak manfaat sekaligus untuk kebugaran tubuh.

Jenis workout ini merupakan salah satu olahraga yang populer. Alat yang sederhana dan gerakan yang tidak rumit menjadi salah satu alasan ketenarannya.

Dalam masa pandemi ini, skipping juga menjadi salah satu alternatif workout-at-home agar tubuh tetap fit. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan varian gerakan melompat yang dilakukan dengan tujuan olahraga yang dijalani.

Maggie Mosbarger, personal trainer yang berbasis di New York menjelaskan ada banyak cara berbeda untuk melakukan olahraga ini.

"Konsep dasar lompat tali itu sederhana tapi tergantung dari tujuan olahraga Anda, caranya bisa berbeda," terangnya via SELF.

Jelas sudah jika olahraga ini kaya akan manfaat. Paling tidak ada 10 keuntungan rutin berolahraga lompat tali antara lain:

  • Aktivitas kardio yang efisien

Saat melompat melewati tali, berbagai otot di tubuh bekerja sekaligus. Karena itulah skipping menjadi salah satu opsi kardio terbaik. Gerakannya yang intens dapat meningkatkan detak jantung dengan cepat dan baik untuk menjaga kesehatan.

  • Menguatkan berbagai otot tubuh

Salah satu keunikan dari olahraga plyometric ini adalah gerakan kombinasi tersebut bisa dilakukan tanpa berpikir. Padahal ini sangat efektif dalam menguatkan berbagai otot tubuh.

Berbagai otot di kaki, bisep, dan bahu ikut terlatih dalam gerakan lompat tali.

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Riset terhadap wanita pramenopause tahun 2015 membuktikan jika rutin berolahraga ini dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul. Karena itulah, rutin melakukanya baik pula untuk memcegah osteoporosis khususnya selagi masih muda.

  • Menambah ketangkasan

Manfaat lainnya ialah untuk menambah ketangkasan tubuh. Kegiatan ini cocok sebagai bagian latihan fisik untuk orang yang gemar berolahraga basket, sepak bola dan tinju yang mengandalkan kelincahan.

  • Melatih koordinasi tubuh

Tidak semua orang langsung bisa melakukan lompat tali dengan lincah ketika pertama kali mencobanya. Hal ini wajar karena perlu kesesuaian gerak antara tangan, kaki, dan mata sekaligus.

Jangan patah semangat dan teruslah berlatih. Proses tersebut sekaligus juga akan melatih tubuh untuk berkoordinasi dalam melakukan suatu gerakan.

  • Melatih stamina

Manfat ini bisa didapatkan setelah menguasai teknik dasar lompat tali. Tingkatkan variasi gerak dengan gerakan double under untuk melatih stamina.

  • Meningkatkan keseimbangan

Workout ini adalah pilihan yang baik untuk yang punya masalah keseimbangan. Hal ini telah dibuktikan dalam riset tahun 2015 yang menyasar para pemain bola muda.

Tubuh diharuskan mengembalikan keseimbangan setiap kali usai melompat sehingga akan tercipta koordinasi motoris yang sempurna.

  • Aktivitas meditasi

Meskipun gerakannya intens, banyak yang menjadikan lompat tali sebagai aktivitas meditasi yang berpengaruh pada kesehatan mental. Kombinasi pola gerak dan konsentrasi yang konstan menjadi penyebabnya.

Mosbarger menyebutkan kita juga bisa menambahkan unsur kesadaran diri dengan menutup mata sesaat ketika melompat. Momen itu bisa menjadi kesempatan untuk lebih peka dan merasakan berbagai sensasi di sekitar.

  • Meningkatkan kesadaran spasial

Kelebihan lain dari skipping yakni dapat meningkatkan kesadaran akan berbagai hal di sekitar kita. Saat melompat, kita harus tetap awas agar tidak menabrak benda di sekitar.

Melakukannya secara rutin dapat mengembangkan kesadaran spasial yang jelas bermafaat untuk aktivitas sehari-hari.

  • Kegiatan yang menyenangkan

Berbeda dari tipe workout lainnya yang terkesan melelahkan, lompat tali terasa lebih fun. Tak heran jika anak-anak juga kerap menjadikannya permainan.

Kebahagiaan sederhana yang didapat dari lompat tali ini merupakan efek dari berbagai hal. Selain itu, manfaatnya untuk kesehatan dan meditasi juga menambah aspek positifnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/11/111935820/10-manfaat-olahraga-lompat-tali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke