Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Buang Air Tak Nyaman, Cegah Wasir dengan 12 Makanan Berikut!

Penerita wasir akan kesulitan saat duduk atau melakukan aktivitas lainnya. Belum lagi jika  hendak buang air besar, akan terasa sakit di area anus. Bahkan, terkadang ada bercak darah yang keluar bersamaan feses.

Hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah yang meradang dan bengkak di sekitar anus atau di rektum bawah.

Dilansir dari Medical News Today, ada dua jenis wasir, yaitu: wasir luar yang terbentuk di bawah kulit dekat anus dan wasir internal yang terbentuk di anus dan lapisan rektal bawah.

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK), sekitar 50% orang dewasa di atas usia 50 tahun akan menderita wasir di beberapa titik.

Kerentanan terkena ambeien ini seharusnya menjadi renungan untuk lebih berhati-hati dengan mencegahnya lewat makanan pilihan dan pola hidup yang sehat.

Menurut penelitian, makanan yang berserat tinggi dan rendah lemak, seringkali dapat mengurangi atau mencegah gejala wasir.

Mengapa makanan berserat tinggi bisa mencegah wasir?

Ini disebabkan oleh serat yang dapat meningkatkan berat tinja, serta mengurangi waktu yang dihabiskan tinja di usus besar (waktu transit usus besar).

Serat juga dapat meningkatkan retensi air di usus besar, menghasilkan tinja yang lebih lembut dan lebih mudah keluar.

Selain itu, serat menurunkan tingkat pH di usus besar, yang juga mengurangi waktu transit usus besar, atau waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus besar. 

Berdasarkan Pedoman Diet untuk Orang Amerika 2015-2020, setiap orang harus berusaha mendapatkan 14 gram (g) serat untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi.

1. Apel

Berdasarkan artikel yang terbit pada tahun 2020, apel adalah sumber serat makanan yang bagus.

Apel berukuran sedang dan kulitnya mengandung sekitar 4,4 g serat, hal inilah yang menjadikan apel salah satu buah paling kaya serat.

Serat tidak larut yang ditemukan di kulit apel tidak rusak selama proses pencernaan dan membantu sebagai efek pencahar.

2. Pir
Buah Pir mengandung serat yang tinggi dan senyawa lain yang dapat bermanfaat bagi penderita wasir.

Buah pir dengan kulitnya mungkin mengandung sekitar 6 g serat. Buah pir juga mengandung fruktosa yang berfungsi sebagai pencahar alami.

3. Jagung

Satu cangkir jagung manis masak mengandung sekitar 4,2 g serat. Banyak pula orang yang telah menggunakan jagung sebagai obat untuk wasir sejak zaman kuno.

Selain serat, jagung juga mengandung antioksidan kuat yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi nyeri.

4. Lentil

Kacang-kacangan, seperti lentil, buncis, kacang lima, dan kacang polong, adalah beberapa sumber serat terbaik di luar sana. Satu cangkir lentil yang dimasak mengandung sekitar 15,6 g serat.

Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lentil hijau menyebabkan peningkatan berat tinja yang signifikan dan mengurangi waktu yang dihabiskannya di usus besar.

Roti gandum yang tidak diproses atau diproses sedikit tentu kaya akan serat tidak larut, yang meningkatkan berat feses dan waktu transit usus besar.

6. Berries

Buah beri, seperti raspberry, blackberry, dan stroberi, memiliki rasio kulit-ke-daging yang tinggi, artinya mengandung banyak serat per porsi. 

Buah-buahan jenis beri juga mengandung banyak air, yang membantu melunakkan tinja dan menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Lalu, buah beri juga mengandung fruktosa, yang memiliki efek pencahar alami.

Di Indonesia mungkin anda akan lebih sering menemui stoberi yang mengandung 2 gram serat di setiap 100 gramnya.

7. Ubi jalar dan kentang

Satu ubi jalar panggang ukuran sedang dengan kulitnya mengandung 3,8 g serat. Satu kentang ukuran sedang yang juga dibakar dengan kulitnya mengandung sekitar 3,6 gram serat.

Kentang dan ubi jalar memang mengandung serat larut dan tidak larut. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa serat dari ubi jalar juga memiliki efek pencahar yang lebih kuat dibandingkan sayuran lainnya.

Ubi jalar ini juga begitu melimpah dapat kita temui di pasar tradisional Indonesia.

Satu mangkuk brokoli rebus mengandung sekitar 5,1 g serat. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane, yang dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan melindungi usus.

Dalam sebuah studi tahun 2017, makan 20 g brokoli mentah setiap hari selama 4 minggu dapat meredakan gejala sembelit, menyebabkan buang air besar lebih cepat, mengurangi risiko mengejan.

9. Tomat

Tomat mengandung serat dan air, yang dapat meredakan sembelit dan memudahkan buang air besar.

Tomat juga mengandung naringenin, antioksidan alami yang terbukti memiliki efek pencahar pada beberapa bentuk sembelit.

10. Jeruk

Kulit bagian dalam yang menutupi daging buah jeruk mengandung banyak serat. Seperti tomat, buah jeruk juga mengandung naringenin, senyawa yang memiliki efek pencahar yang baik untuk pencernaan.

Jeruk juga mengandung banyak air, yang membantu meringankan sembelit dan melunakkan tinja.

11. Kiwi

Menurut FoodData Central, 100 gram buah Kiwi mengandung sekitar 3 gram serat dan banyak air.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi dapat bertindak sebagai pencahar, meningkatkan frekuensi dan kemudahan feses keluar, dan meningkatkan massa tinja, yang mengurangi waktu transit usus besar.

Buah kiwi juga mengandung enzim zyactinase, yang juga dapat membantu meringankan sembelit dengan meningkatkan pencernaan.

12. Kacang

Seperti kacang polong dan kacang-kacangan lainnya, kacang kering memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Selain menghindari ambeien dengan memakan makanan yang tinggi serat, anda juga dapat menghindarinya dengan mengurangi makanan yang kaya lemak, gula, atau karbohidrat olahan.

Makanan atau minuman yang sebaiknya anda hindari, di antaranya: makanan yang digoreng dan asin, keripik dan makanan ringan kemasan lainnya, produk susu berlemak penuh, serta makanan olahan..

Selain itu, kurangi juga daging merah, permen dan coklat, soda, minuman olahraga, minuman energi, dan kopi dengan tambahan susu, gula, atau krim, alkohol, dan asupan kafein yang berlebihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/12/134552220/bikin-buang-air-tak-nyaman-cegah-wasir-dengan-12-makanan-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke