Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Kaktus Hias yang Bisa Berbunga

KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan kaktus adalah tanaman yang membosankan karena umumnya hanya berwarna hijau dan berdaun duri.

Padahal, ada pula jenis kaktus yang memiliki bunga yang cantik. Beberapa diantaranya bisa didapatkan dengan mudah di penjual tanaman hias.

Namun, memang tidak mudah merawat tanaman ini agar bisa berbunga. Apalagi jika ditanam secara indoor dalam pot yang mungil maka akan semakin sulit untuk bisa memunculkan bunganya.

Tanaman asal Meksiko ini perlu berada dalam kondisi yang ideal sesuai dengan daerah asalnya agar bisa berkembang sempurna. Cuaca panas dan kering bisa sangat mendukung proses pembentukan bunganya.

  • Wijaya kusuma

Tak banyak yang menyadari jika tanaman ini masuk dalam keluarga kaktus. Wijaya kusuma juga punya nama lain zig-zag kaktus karena bentuk daunnya yang unik.

Menariknya, masyarakat Jawa khususnya percaya jika bunga ini dapat membawa keberuntungan.

Apalagi jika kita sempat menyaksikannya mekar secara langsung. Bunga dari tanaman ini sendiri hanya mekar di waktu-waktu tertentu.

Bunganya yang berwarna putih dan merah muda hanya mekar di malam hari dan bertahan selama satu hari saja. Tak heran jika masyarakat dahulu kala kerap menantikan kesempatan langka bunga ini mekar.

  • Kaktus mini Ariocarpus

Kaktus hias yang juga bisa berbunga yakni berjenis ariocarpus. Bentuknya unik dengan warna bunga yang beragam mulai dari kuning, pink, putih dan merah.

Daunnya berbentuk prisma yang melengkung dengan indahnya. Keunikan lainnya ialah jenis kaktus ini tidak berduri sehingga kita terhindar dari kemungkinan tertusuk.

Agar bunganya bisa mekar sempurna, sebaiknya gunakan media tanam khusus untuk kaktus. Selain itu, letakkan di area yang terkena sinar matahari dan tidak lembab.

Sesuai namanya, kaktus ini akan berbunga secara rutin selama masa natal. Namun sebelumnya jangan lupa untuk memberikan pupuk secara intens pada Juni sampa Agustus.

Dilansir dari Country Living pada Jumat (12/03/2021), tanaman ini memutuhkan air lebih banyak dari kaktus biasanya dan lebih cocok pada iklim yang agak lembab.

Bunga dari tanaman ini berwarna merah muda cerah sehingga bisa menjadi hiasan perayaan Natal yang amat semarak. Selain itu, daunnya juga unik sehingga amat layak diadopsi menjadi tanaman hias.

  • Fairy Castle Cactus

Kaktus jenis ini tumbuh menjulang tinggi bagaikan kastil di berbagai kisah dongeng. Bunganya yang berwarna kuning atau putih kemudian akan muncul di salah satu pucuknya.

Tanaman ini cocok ditaruh di dalam rumah dan mudah dipelihara bagi pemula. Sayangnya butuh waktu lama agar tanaman bisa kembali berbunga setelah sebelumnya sempat mekar.

Penggunaan pot berbahan tanah liat akan membuat tanaman ini bisa lebih berkembang. Selain itu, pastikan untuk tidak terlalu banyak menyiram air agar akarnya tidak busuk.

  • Star Kaktus

Kaktus mini ini berbentuk bulat dan terlihat imut diletakkan di sudut rumah. Batangnya berwarna hijau dengan campuran semburat coklat.

Dilansir dari succulent city, tanaman ini biasanya berbunga di bulan Maret dan Mei. Warna bunganya juga beragam yakni kuning, jingga dan merah.

Ciri khas lainnya dari tanaman ini adalah pola bercak berwarna putih yang merupakan tempat tumbuhnya duri. Sama seperti jenis kaktus lainnya, penyiraman yang berlebihan juga akan berdampak buruk pada tanaman ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/12/163817220/5-tanaman-kaktus-hias-yang-bisa-berbunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke