Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Kebiasaan Ini untuk Meningkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi

KOMPAS.com - Di era pandemi Covid-19 ini, menaikkan sistem kekebalan tubuh terus-terusan digalakkan. Mulai dari saran untuk mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, hingga olahraga secara teratur.

Ya, memang benar apa yang kita makan, kualitas istirahat, dan aktivitas yang dilakukan semuanya dapat berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

Untuk itu, memang perlu adanya keseimbangan dari segala aspek untuk membuat diri tetap sehat dan tidak mudah terseran penyakit.

Dilansir dari The Healthy, ada 12 kebiasaan yang secara alami dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami:

1. Meluangkan waktu untuk menemukan ketenangan

"Stres kronis dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh," kata Tania Elliott, MD, ahli penyakit menular dan ahli alergi di NYU Langone di New York City.

Untuk membantu meredakan kecemasan dan ketegangan, luangkan waktu selama dua menit dalam sehari untuk sekadar bernapas dan fokus pada saat ini.

Selain itu, anda juga dapat mencoba mempraktikkan sebuah mantra berikut sepanjang hari: "Tidak ada masa lalu atau masa depan, hanya saat ini."

Mantra ini bisa membantu kita untuk tidak overthinking dalam memikirkan masa lalu maupun masa yang akan datang.

2. Tertawalah

Untuk itu, jangan lupa untuk tertawa meski sedikit dalam sehari. 

Kita bisa tertawa dengan cara mengobrol dengan teman, bercanda bersama keluarga, membaca buku komedi, bahkan menonton film.

3. Bernyanyi

Untuk itu, jangan ragu untuk bernyanyi, meski suara Anda tak seindah penyanyi profesional.

Aktivitas menyanyi ini dapat anda lakukan dengan berkaroeke ria, bernyanyi bersama teman-teman yang mungkin bermain gitar pula, atau bisa juga dengan bernyanyi di kamar mandi atau kamar pribadi.

4. Cobalah untuk memakan jamur

Para ahli melihat banyak manfaat lebih yang terkandung di dalam jamur untuk semua bentuk pengobatan terutama sistem kekebalan anda.

Satu penelitian kecil menemukan bahwa jamur shiitake memperbaiki sel-T dan mengurangi peradangan, keduanya penting untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Perbanyak gerak

Selain bergerak sederhana di dalam rumah, ada baiknya pula, gerakan tersebut disalurkan dengan berolahraga.

Olahraga dapat mengubah antibodi tubuh dan sel darah putih, yang membantu kita melawan penyakit dan infeksi, menurut U.S. National Library of Medicine.

6. Jangan lupa beristirahat

Yang terpentingi, pastikan anda cukup tidur di malam hari untuk membantu tubuh anda pulih dari tekanan mental dan fisik pada hari itu, kata Elliott. 

Jika anda kurang tidur, maka tentu tubuh anda akan lebih rentan diserang penyakit.

7. Jangan biarkan tubuh kedinginan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sel kekebalan kita tidak melawan virus dengan kuat saat kita kedinginan. 

8. Melawan infeksi dengan mengonsumsi sayuran

9. Cobalah mengonsumsi kunyit

Selain itu, akhir-akhir ini juga sedang ada tren kopi kunyit atau turmeric coffee.

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, yang memberi anda sistem yang kuat untuk melawan penyakit, kata Elliott. 

10. Meningkatkan senyawa quercitin dalam tubuh

Quercitin adalah pigmen tumbuhan atau flavonoid yang meningkatkan sistem kekebalan dan memblokir histamin.

Histamin ini merupakan bahan kimia yang dilepaskan dalam pengaturan alergi dan infeksi, yang menyebabkan kemerahan, dan pembengkakan, jelas Elliott.

Kale, tomat, brokoli, asparagus mentah, caper, dan blueberry semuanya mengandung quercitin dalam jumlah yang tinggi.

11. Memanfaatkan jahe

“Ini adalah favorit saya, karena selain mengonsumsinya, Anda juga dapat menghitup uap dari campuran air mendidih dan jahe segar, yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru dan sinus,” katanya.

12. Hindari alkohol

Apa pun yang mengganggu tidur juga mengganggu sistem kekebalan. Selain itu, minum alkohol secara kronis dapat menekan produksi sel darah tertentu, sehingga meningkatkan risiko infeksi. 

13. Jangan abaikan alergi 

Apalagi jika kamu memiliki alergi musiman yang bisa membuatmu bersin-bersin hingga menyebabkan peradangan pada sinus, yang membuat pilek.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan dan melawan pilek, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana Anda bisa mengendalikan alerg. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/13/151044720/lakukan-kebiasaan-ini-untuk-meningkatkan-imun-tubuh-di-masa-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke