Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat Ditelantarkan, Kini Phelan Jadi Anjing Tercepat di Amerika

KOMPAS.com - Status anjing tercepat di Amerika Serikat kini disandang oleh Phelan, seekor anjing ras campuran yang sempat terlantar.

Anjing betina ini mampu berlari hingga kecepatan 32.3 mph atau 51,9 kilometer per jam pada kompetisi American Kennel Club Fast CAT Invitational di Florida pada Desember 2020 lalu. 

Ia mengalahkan 113 anjing lainnya termasuk Greyhound yang selama ini dikenal sebagai ras pelari tercepat.

Rekor pribadinya bahkan lebih baik, mencapai kecepatan 34 mph atau setara dengan 54,7 kilometer per jam.

Bernama lengkap Wailin' Phelan The Bearded Lass, anjing ini sempat ditelantarkan dan harus diselamatkan di Texas.

Kemudian pasangan Krista Shreet dan Ted Koch mengadopsinya 3 tahun lalu dan membawanya tinggal di Crownsville, Maryland.

Mereka mendapatkan anjing ini dari unggahan akun Facebok Sighthound Underground. Yayasan ini merupakan organisasi yang fokus pada penyelamatan anjing ras berburu yang dibiakkan manusia.

Shreet menjelaskan bahwa tampilan unik ini yang pertama kali membuat mereka jatuh hati. Meski awalnya mencoba hanya menjadi foster parent keduanya kemudian memutuskan mengadopsinya secara resmi.

"Suatu hari ia sudah menjadi bagian dari kawanan dan kami tahu bahwa ia akan terus bersama kami," tambah Shreet ketika dilansir dari Southern Living pada Senin (15/03/2021).

Shreet lalu mendaftarkan Phelan dalam berbagai kompetisi agar anjing kesayangannya itu tetap aktif. Selain itu, Phelan juga bisa tetap menyalurkan naluri berlari sebagai ras anjing pemburu.

Menyadari persaingan yang biasanya ketat, ia tidak mengharapkan Phelan menjadi pemenang. Namun ternyata anjing itu justru juara.

Hal ini juga menunjukkan jika anjing ras campuran tak kalah jika dibandingkan ras murni lainnya.

Lomba lari dengan metode Fast Coursing Ability Test (Fast CAT) ini digelar dalam jarak 100 yard atau sekitar 91 meter. Setiap anjing peserta diminta lari selama tiga kali dalam jarak tersebut sembari mengejar umpan.

Catatan kecepatannya kemudian diakumulasikan dan diambil capaian rata-ratanya. Selain Greyhound, kompetisi ini juga diikuti oleh berbagai anjing ras saluki dan whippet yang dikenal atletis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/15/080922420/sempat-ditelantarkan-kini-phelan-jadi-anjing-tercepat-di-amerika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke