Salin Artikel

Sering Disepelekan, Ternyata Berkebun Bisa Menaikkan Mood

KOMPAS.com - Banyak hal yang membuat mood kita menjadi buruk. Entah itu, pekerjaan di kantor yang tak kunjung selesai, teman yang tidak pengertian, bahkan permasalahan dengan pasangan pun bisa menjatuhkan mood.

Namun, selain makan atau melakukan hal yang disukai, ternyata kegiatan seperti berkebun, bahkan hanya memandangi kebun, dapat menaikkan mood, lho.

Berkebun tak hanya menghasilkan bunga yang indah, sayuran yang segar, atau buah yang manis, namun, ternyata baik pula untuk meningkatkan suasana hati.

Tindakan menanam dan merawat tumbuhan dapat memberi efek yang penting untuk tubuh.

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa hanya dengan menghabiskan waktu di lingkungan yang hijau dan alami dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik kita.

Manfaat membuat kebun sendiri

Ketika membuat kebun sendiri, kita bisa mendesain dan membuatnya sedemikian rupa sehingga menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran dari tekanan dan masalah kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kita dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan preferensi spesifik, serta  menciptakan ruang yang ideal sesuai selera.

Berikut manfaat yang akan kita rasakan saat membuat kebun sendiri:

Manfaat berkebun

Merawat kebun dari waktu ke waktu juga dapat meningkatkan penyembuhan kesehatan mental.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkebun meningkatkan kepuasan hidup, kekuatan, kesejahteraan psikologis, efek positif, rasa kebersamaan, dan fungsi kognitif. 

Selain itu, berikut manfaat lainnya yang dapat kita rasakan ketika berkebun:

Manfaat menghabiskan waktu menikmati kebun

Terapi dengan berkebun telah digunakan rumah sakit sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan Florence Nightingale, pelopor perawat modern secara terang-terangan mendukung terapi berkebun ini. 

Berikut manfaat yang dapat kita pertimbangkan:

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/17/205549320/sering-disepelekan-ternyata-berkebun-bisa-menaikkan-mood

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.