Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memilih Lemon Segar Berkadar Air Tinggi

KOMPAS.com - Pastikan membeli lemon yang segar dan berkualitas jika ingin mengolahnya menjadi minuman kesehatan.

Konsumsi air lemon secara rutin memberikan efek positif pada tubuh. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, asam folat dan berbagai nutrisi baik lainnya.

Para ahli berpendapat jika buah ini dapat membantu menurunkan berat badan, membantu pencernaan dan mengurangi penuaan.

Karena itu, tak ada salahnya memasukkan lemon dalam salah satu buah favorit. Hanya saja, buah ini masih jarang ditanam sendiri di rumah. 

Kita masih harus membelinya di toko buah atau pasar untuk konsumsi harian. Tantangannya adalah memilih buah lemon yang segar dengan kandungan air yang banyak.

Apalagi kadangkala ada pedagang yang nakal menjual lemon berkualitas buruk. Agar tak kecewa, ada 3 cara yang bisa diaplikasikan saat memilih lemon di pasar antara lain:

  • Perhatikan warnanya

Saat membeli lemon, pilih buah dengan warna kulit yang cerah. Hindari lemon yang memiliki bercak warna lainnya di bagian kulitnya.

Selain itu, perhatikan apakah terdapat bintik di kulit buah dengan rasa asam itu. Lemon yang berwarna kuning pucat biasanya sudah tua dan memiliki kadar air rendah.

Selain itu, bercak di bagian kulit bisa menjadi pertanda jika buah di dalamya masih terlalu muda atau bahkan sudah busuk.

  • Cek tekstur kulitnya

Pilih lemon dengan kulit yang mulus, kencang sekaligus terasa lembut. Lemon yang terasa lembek dan kasar berarti sudah lama dan kualitasnya memburuk.

Selain itu, tekstur kulit lemon juga menentukan kadar air yang dikandungnya. Jika ingin menjadikannya minuman, akan lebih baik memilih lemon dengan kulit yang mulus.

  • Memencet buahnya

Cara ini sebenarnya tidak terlalu disarankan karena biasanya dilarang dilakukan di toko buah. Namun kita bisa mencobanya dengan memencetnya lembut dengan jempol.

Lemon berkualitas akan mengelurkan sedikit air dengan aroma asam khas buah ini. Selain itu, buah ini juga akan terasa empuk sehingga lebih mudah diolah menjadi minuman atau masakan.

Untuk menjamin kualitas buahnya, lemon organik sebenarnya adalah pilihan terbaik. Hanya saja memang harganya lebih mahal dan tidak mudah didapatkan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/18/144613220/cara-memilih-lemon-segar-berkadar-air-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke