Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanda Rutinitas Olahraga Berhasil dan Efektif, Sudah Tahu?

KOMPAS.com - Selama ini banyak orang yang menjadi kecil hati karena timbangannya tidak mengalami perubahan meskipun sudah rutin berolahraga. Efeknya jadi malas berolahraga lagi.

Namun, perlu diingat bahwa penurunan berat badan tidak terjadi dalam semalam, tetapi secara bertahap.

Kita dapat melihat tanda-tandanya ketika kita membuat kemajuan ke arah yang benar.

Untuk mengetahuinya, berikut ini terdapat beberapa petunjuk yang dapat diperhatikan apakah rutinitas olahraga sudah berhasil dan efektif, seperti yang dilansir dari laman Today.

1. Suasana hati lebih baik

Kesehatan fisik dan mental sangat erat kaitannya. Maka, peningkatan suasana hati sering kali merupakan perubahan positif pertama yang kita lihat dari berolahraga.

Setelah memiliki jadwal olahraga yang konsisten, kita mungkin merasa lebih bahagia dan puas.

Studi menunjukkan bahwa olahraga dan kepuasan hidup sangat berhubungan. Artinya, orang yang berolahraga cenderung merasa lebih baik tentang diri dan kehidupannya.

Olahraga meningkatkan zat kimia otak yang terkait dengan perasaan bahagia dan percaya diri atau dikenal sebagai dopamin dan adrenalin.

Aktivitas fisik juga berperan dalam mengurangi kecemasan dan stres. Jadi akui setiap perubahan yang kita rasakan dalam kesehatan mental sebagai tanda bahwa rutinitas olahraga berhasil.

Menggerakkan tubuh selama waktu tertentu setiap hari dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Jika kita baru mengenal olahraga, berjalan kaki setiap hari bisa menjadi langkah pertama yang positif.

2. Pekerjaan rumah tangga lebih mudah

Berjalan naik dan turun tangga membawa cucian dulu sangat menyebalkan. Tapi setelah rutin berolahraga, kita dapat melakukannya dengan mudah.

Ini hanyalah satu contoh pekerjaan rumah tangga yang akan mulai terasa lebih mudah seiring dengan peningkatan kesehatan dan kekuatan kardiovaskular.

Menyedot debu, menyingkirkan pakaian, mencuci piring, atau membersihkan pekarangan rumah mungkin akan terasa jauh lebih mudah.

Menjadi bugar berarti tubuh kita harus melakukan lebih sedikit pekerjaan dan menggunakan lebih sedikit energi untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari.

3. Tidak mengidam junk food

Saat kita mulai rajin berolahraga, ada hal umum yang secara alami mulai memudar yakni keinginan untuk mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food.

Sebagai gantinya, kita hanya ingin mengisi tubuh kita dengan makanan sehat.

Jadi, jika kita menemukan diri melewati junk food dan meraih lebih banyak buah maupun sayuran, itu pertanda baik bahwa rutinitas olahraga telah membantu mengubah pola pikir menjadi lebih sehat.

Ahli kesehatan dan fitness, Stephanie Mansour mengatakan, bahwa dia sering mendorong kliennya untuk melakukan semua rutinitas latihan baru dan merombak diet yang terlalu sulit untuk dipertahankan.

4. Pakaian melonggar

Apabila pakaian atau celana kita sedikit melonggar, itu pertanda adanya kemajuan dalam rutinitas kebugaran kita.

Meskipun angka pada timbangan mungkin belum terlalu berbeda secara drastis, kemajuan itu menjadi tanda yang positif adanya sedikit penurunan berat badan.

Jika rutinitas kebugaran ini telah menginspirasi kita untuk minum lebih banyak air dan makan lebih sedikit makanan tidak sehat, kita bisa mengurangi kembung, yang juga akan membuat pakaian lebih pas.

5. Tidur lebih nyenyak

Tidur lebih nyenyak adalah salah satu tanda lain bahwa rutinitas olahraga kita berdampak positif pada kesehatan.

"Aktivitas fisik membantu tubuh berfungsi lebih baik, termasuk kemampuannya untuk beristirahat, tidur lebih nyenyak, dan menjaga jadwal tidur yang konsisten," terang Mansour.

Di samping itu, tidur juga penting untuk pemulihan setelah olahraga. Maka, saat kita tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu memperbaiki dan membangun jaringan otot.

Ini penting untuk pertumbuhan dan kinerja otot. Jadi, meskipun rutinitas kebugaran dapat membantu kita tidur lebih nyenyak, tidur nyenyak juga akan membantu kita pulih dari latihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/19/155011420/5-tanda-rutinitas-olahraga-berhasil-dan-efektif-sudah-tahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke